Iklan dempo dalam berita

Disunnahkan Rasulullah, Ternyata Ini Alasan Nabi Muhammad SAW Tidur Mematikan Lampu

Disunnahkan Rasulullah, Ternyata Ini Alasan Nabi Muhammad SAW Tidur Mematikan Lampu

Alasan Nabi Muhammad SAW Tidur Mematikan Lampu--

Selain itu, beliau juga membaca doa ini sebanyak tiga kali, "Selamatkanlah hamba dari murka-Mu pada hari Kebangkitan." (HR Bukhari)

BACA JUGA:Ini 5 Daerah Penghasil Minyak Bumi di Sumatera, Salah Satu Lokasinya Berada di Bengkulu

Cara Tidur Rasulullah SAW 

Berikut sejumlah adab tidur yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Salah satunya, beliau pernah mengingatkan muslim untuk menutup pintu, mematikan lampu, serta menutup seluruh bejana hingga tempat makan dan minum.

اَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ بِالَّيْلِ وَأَطْفِئُوا السُّرْجَ وَأَوْكُوا الأَسْقِيَةَ وَخَمِرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهِ بِعُوْدٍ

Artinya: "Tutuplah pintu-pintu ketika malam, dan matikanlah lampu-lampu. Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walau hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya." (HR Ahmad)

BACA JUGA:Pasti Manjur! Begini Cara agar Burung Lovebird Cepat Kawin dan Bertelur

Selain sebelum salat, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk berwudhu sebelum beranjak ke tempat tidur. Dari Bara' bin Azib, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila engkau mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu salat..." (HR. Bukhari)

Selain itu, Rasulullah SAW juga berpesan untuk menepis debu dan kotoran atau mungkin binatang yang bersembunyi diatas kasur sambil mengucap basmalah kemudian dilanjutkan dengan membaca doa. 

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan! Begini Caranya agar Burung Kenari Cepat Selesai Mabung

Rasulullah SAW mengajarkan kepada Bara' doa sebelum tidur yang bunyinya,

Allahumma aslamtu wajhii ilaika, wafawwadhtu amrii ilaika, wa alja' tu zhahrii ilaika, raghbatan wa rahbatan ilaika. La malja 'a minka illaa ilaika. Allahumma 'aamantu bikitaabikalladzii anzalta wabinabiyyikalladzii arsalta.

Artinya: Ya Allah aku serahkan wajahku kepada-Mu. Aku serahkan urusanku kepada-Mu. Aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena berharap dan takut kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung, tempat keselamatan kecuali kepadamu. Ya Allah aku beriman kepada kitab-Mu yang Engkau telah turunkan, dan kepada nabi-Mu yang Engkau telah utus.

BACA JUGA:Jangan Sembarangan! Ini Cara Merawat dan Melatih Burung Perkutut agar Rajin Bersuara

Rasulullah SAW juga selalu membaca beberapa surah dan zikir. Termasuk surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sambil meniupkan di telapak tangannya. Lalu beliau mengusapkan telapak tangannya mulai dari kepala, wajah, badan bagian depan, dan bagian belakang sebanyak tiga kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: