Iklan dempo dalam berita

Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya

Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya

Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya--Foto: ist

3. Tambang

Pulau Sumatera memiliki banyak hasil tambang, yaitu batu bara, minyak, gas bumi, dan timah. Provinsi Riau adalah penghasil bumi terbesar di pulau ini. Minyak bumi dihasilkan oleh Langsa (D.I. Aceh) Pendopo Prabumulih (Sumatera Selatan), dan Provinsi Jambi.

Penghasil gas alam adalah Arun (D.I. Aceh) dengan tempat pengolahan di Lhokseumawe. Penghasil batu bara adalah Umbilin dan Sawahlunto di Sumatera Barat serta Bukit Asam di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:10 Lokasi Harta Karun Tambang Minyak Bumi di Sumatera Selatan, Serta Manfaat Bagi Kehidupan

4. Pariwisata

Pulau Sumatera memiliki berbagai tempat wisata alam dengan pemandangan yang indah. Beberapa contoh wisata alam di Pulau Sumatera antara lain Air Terjun Lembah Harau di Sumatera Barat, Danau Toba di Sumatera Utara, Danau Singkarak di Sumatera Barat, dan lain sebagainya.

Potensi Harta Karun Migas di Sumatera Utara

Sumatra Utara mempunyai potensi sumber daya alam yang melimpah mulai dari minyak bumi, panas bumi, batu bara, blerang, emas dan hasil tambang lainnya.

BACA JUGA:Sumatera Utara Masih Simpan Harta Karun Tambang Minyak Bumi, Ini Titik Lokasinya

Berdasarkan informasi berbagai sumber, potensi tambang itu dimiliki oleh Sumatra Utara, karena terletak pada pertemuan lempeng Euroasia dan lempeng Australia yang menghasilkan lelehan batuan di bawah permukaan bumi, dan merupakan sumber utama proses mineralisasi yang di permukaan bumi ditemukan endapan-endapan (deposit) mineral logam, non logam dan panas bumi.

Proses erosi batuan yang diikuti pengendapan (deposisi) material hasil erosi di bagian timur wilayah Sumatra Utara, menghasilkan lapisan lapisan batuan sedimen yang mengandung minyak dan gas bumi, serta air bawah tanah.

Kemudian, Sumatra Utara juga memiliki potensi sumber daya ikan yang meliputi perikanan tangkapan dan perikanan budidaya baik di perairan laut maupun perairan darat dan perairan umum seperti sungai, danau, tambak.

BACA JUGA:Harta Karun Milik Bersama di Sumatera, Berbentuk Cair Nomor 2 Terbanyak di Indonesia, Ini Lokasinya

Selain itu, terdapat pula bermacam flora yang bernilai jual tinggi seperti hasil hutan kayi, damar dan rotan, serta tanaman yang diusahakan oleh penduduk seperti padi, sayur-sayuran, dan tanaman perkebunan lainnya.

Berikut adalah beberapa sumber daya alam lainya yang berada di Provinsi Sumatera Utara:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: