Iklan dempo dalam berita

Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Barat, Ini Sebaran Titik Lokasinya

Segini Cadangan Harta Karun Batubara di Kalimantan Barat, Ini Sebaran Titik Lokasinya

Harta karun Batubara Kalimantan Barat--ist

Menurut data BPS pada tahun 2019 luas hutan Kalimantan Barat adalah sebesar 38,3% dari total luas wilayahnya, yaitu mencapai 5.587 juta hektar. Sektor kehutanan memiliki peran penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja di Provinsi Kalimantan Barat.

BACA JUGA:Hasilkan Rp 25 Miliar Per Tahun, Ini Titik Lokasi Tambang Harta Karun di Sumatera Barat

3. Perikanan

Kalimantan Barat dikenal memiliki banyak sekali sungai-sungai besar yang juga menjadi jalur trasnportasi utama di provinsi tersebut. Keberadaan sungai-sungai tersebut memberi dampak bagi besarnya potensi pengembangan sumber daya alam perikanan, terutama jenis perikanan air tawar. 

Selain itu, garis pantai yang panjang dan wilayah laut yang luas juga menjadi sumber utama bagi produksi perikanan di Kalimantan Barat.

Hasil perikanan Kalimantan Barat sendiri telah berhasil memasuki pangsa ekspor, baik berupa olahan ikan beku maupun yang masih hidup. Komoditas ekpor perikanan tersebut seperti berbagai jenis ikan hias, ikan arwana, ikan bawal, ikan kakap, dan udang galah.

4. Pertanian dan Perkebunan

Potensi sumber daya alam pertanian di Kalimantan barat tersebar di hampir seluruh wilayahnya. Selain berupa lahan tanaman pangan, kegiatan pertanian disana juga menghasilkan berbagai tanaman hortikultura.

BACA JUGA:Bengkulu akan Pamerkan Harta Karun Tambang Emas, Cadangan Emas di Bengkulu Saingi PT Freeport

Hasil pertanian di Kalimantan Barat antara lain berupa padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan juga ubi-ubian. Sementara itu, di sektor perkebunan, komoditas utamanya sebagaimana di provinsi Kalimantan lainnya yaitu berupa karet dan kelapa sawit.

Selain itu, tak hanya hasil dari sumber daya alamnya yang kalian perlu ketahui dari Kalimantan Barat. Ada juga beberapa wisata alam yang perlu kalian ketahui, dan wajib kalian kunjungi jika ke daerah ini.

Berikut wisata alam yang terkenal di Kalimantan Barat:

1. Tugu Khatulistiwa

Berkunjung ke Kalimantan Barat kurang pas rasanya jika tidak menyambangi Tugu Khatulistiwa. Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasi tempat wisata di Pontianak ini berada sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Pontianak.

BACA JUGA:Terbesar di Indonesia, Segini Jumlah Harta Karun Tambang Timah di Riau Per Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: