Iklan dempo dalam berita

Indonesia Punya Harta Karun Emas Hitam Melimpah Sejak, Ini 7 Perusahaan Tambang Raksasa Penggarapnya

Indonesia Punya Harta Karun Emas Hitam Melimpah Sejak, Ini 7 Perusahaan Tambang Raksasa Penggarapnya

Indonesia Punya Harta Karun Emas Hitam Melimpah Sejak, Ini 7 Perusahaan Tambang Raksasa Penggarapnya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Indonesia punya harta-karun-emas-hitam melimpah, ini 7 perusahaan tambang raksasa penggarapnya saat ini.

Batu bara termasuk salah satu bahan bakar fosil yang banyak digunakan di berbagai negara termasuk Indonesia. 

Tambang batubara pertama di Indonesia muncul pada tahun 1849 di Pangaron, Kalimantan Timur. Inisiatif ini dijalankan oleh perusahaan swasta Belanda yang dikenal sebagai Oost-Borneo Maatschappij. Pada saat itu, eksplorasi dan penambangan batubara dimulai, memberikan dorongan awal bagi industri ini di Indonesia.

BACA JUGA:Riau Punya Simpanan Harta Karun Emas Hitam di 3 Kabupaten, Jadi Salah Satu yang Terbesar

Pada tahun 1866, batubara ombilin ditemukan sebagai salah satu sumber daya alam berharga di Indonesia. Namun, pengembangannya tertunda hingga tahun 1892 karena menunggu pembangunan jalan kereta api melintasi pegunungan Bukit Barisan. Jalan kereta api ini diperlukan untuk mengangkut batubara dari tambang ke pelabuhan pemuatan batubara di Emmahaven. Batubara ini kemudian akan diangkut melalui Samudera Hindia menuju Belanda.

Penggunaan batubara semakin meningkat oleh perusahaan pelayaran nusantara dan perusahaan kereta api di Pulau Jawa serta Sumatera. Hal ini mendorong munculnya tambang batubara kedua, yaitu Tambang Bukit Asam. Operasionalnya dimulai pada tahun 1919 setelah berakhirnya Perang Dunia I. Tambang ini menjadi sangat signifikan, menghasilkan sekitar 64% dari total produksi batubara di wilayah Hindia Belanda saat itu.

BACA JUGA:Cadangan Harta Karun di Dompu Capai 1,38 Juta Ton Emas, Ini 5 Perusahaan Tambang yang Mengelolahnya

7 Perusahaan Tambang Raksasa Penggarap Harta Karun Batu Bara di Indonesia

Indonesia sudah lama dikenal sebagai penghasil Batu Bara terbesar di dunia. 

Bahkan, Indonesia mengamankan tempat sebagai tiga negara terbesar dalam industri pertambangan batu bara. 

Dilansir dari laman Minerba One Data Indonesia, tingkat produksi batu bara tercacat menyentuh angka sekitar 770 ton di tahun 2023. 

Bahkan, produksi real-time batu bara hingga 5 Maret 2024 mencapai 116,39 juta ton Angka tersebut cukup fantastis mengingat ada berbagai perusahaan batu bara yang mengambil peran penting dalam sektor ini. 

BACA JUGA:Gak Nyangka! Papua Simpan Harta Karun Uranium, Segini Cadangannya Bisa Bikin Kaya Raya

Di antara perusahaan batu bara di Indonesia, terdapat beberapa perusahaan yang menyumbang kouta produksi terbanyak dan menempatkan dirinya sebagai perusahaan batu bara terbesar di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: