Iklan RBTV Dalam Berita

Diprediksi Produksi Perdana Awal 2026, Waw! Segini Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo

Diprediksi Produksi Perdana Awal 2026, Waw! Segini Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo

Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo--

Sementara itu, menjadi provinsi termuda di Indonesia ternyata tidak membuat Provinsi Gorontalo kalah bersaing dengan daerah lain. 

Terletak di bagian utara Pulau Sulawesi, provinsi ke-32 ini memiliki luas wilayah sekitar 12.215,44 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 1.038.585 jiwa (data sensus penduduk 2010 silam).

BACA JUGA:Saingi Kalimantan, Ini 3 Lokasi Simpanan Harta Karun Emas Hitam di Jawa Barat

Berbatasan langsung dengan laut Sulawesi di bagian utara, Provinsi Sulawesi Utara di sebelah timur, Sulawesi Tengah di sisi barat, serta Teluk Tomini di bagian Selatan.

Secara administratif Provinsi Gorontalo membawahi 5 wilayah kabupaten, 1 kotamadya, 75 kecamatan, 523 desa, dan 69 kelurahan (data tersebut terus mengalami perubahan seiring dengan adanya pemekaran daerah di Provinsi Gorontalo).

BACA JUGA:Indonesia Punya Harta Karun Emas Hitam Melimpah Sejak, Ini 7 Perusahaan Tambang Raksasa Penggarapnya

Terletak di bagian utara Pulau Sulawesi, wilayah Gorontalo menjadi salah satu provinsi yang memiliki potensi sumber daya alam cukup melimpah. 

Lokasinya yang sangat strategis (berada pada mulut Lautan Pasifik yang menghadap langsung ke Negara Korea, Jepang, dan Amerika Latin, memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat Gorontalo. Sehingga tidak heran bila potensi bisnis di Daerah Gorontalo bisa berkembang cukup signifikan.

BACA JUGA:Riau Punya Simpanan Harta Karun Emas Hitam di 3 Kabupaten, Jadi Salah Satu yang Terbesar

Demikianlah ulasan mengenai, diprediksi akan produksi emas pertama awal 2026, waw! Segini potensi harta karun emas tersimpan di Gorontalo.

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: