Iklan dempo dalam berita

Daftar 12 Negara Penghasil Emas Terbesar dan Kualitas Terbaik di Dunia, Indonesia Nomor 1 ?

Daftar 12 Negara Penghasil Emas Terbesar dan Kualitas Terbaik di Dunia, Indonesia Nomor 1 ?

Kualitas emas terbaik di dunia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daftar 12 negara penghasil emas terbesar dan kualitas terbaik di dunia, Indoensia nomor 1 ?

Emas adalah logam mulia yang banyak dicari sebagai instrumen investasi. Harganya cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, dan banyak orang menganggapnya sebagai alat untuk melindungi nilai kekayaan dari penurunan nilai uang.

BACA JUGA:Poco F6 Pro Ditenagai Prosesor Snapdragon 8 Gen 2, Segera Rilis! Ini Bocoran Spesifikasinya

Karena itu, emas sering disebut sebagai “safe haven” atau tempat berlindung yang aman.

Di tingkat Asia Tenggara, Indonesia adalah negara penghasil emas terbesar. Namun, secara global, China menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia. Pada tahun 2020, China menyumbang sekitar 11 persen dari total produksi emas global.

Sementara itu, berikut ini daftar 12 negara yang menghasilkan emas terbesar dan kualitas terbaik di dunia:

1. China – 368,3 ton
China telah lama menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia. Negara ini menyumbang emas sekitar 11 persen dari total produksi secara global.

BACA JUGA:Beasiswa Kuliah Gratis Anak Petani Sawit, Kuotanya 3 Ribu Mahasiswa, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Meski mengalami penurunan dari 383 ton menjadi 368 ton dari tahun lalu, posisinya di peringkat pertama belum terkalahkan selama empat tahun berturut-turut, dikutip dari Forbes.

Turunnya jumlah penghasilan emas di China disebabkan oleh kebijakan terkait lingkungan yang lebih ketat dari pemerintah.

BACA JUGA:iPad Pro 2024 Performanya Bikin Melongo, Punya Skor AnTuTu 2.744.873 Poin, Ini Riview dan Harganya

2. Rusia – 331,1 ton

Di posisi kedua, negara penghasil emas terbesar di dunia adalah Rusia. Sebagian emas di Eropa disebut berasal dari Rusia yang terus meningkatkan produksinya sejak 2010 lalu.

Pada 2019, Rusia melampaui Australia sebagai penghasil terbesar emas kedua di dunia. Pembeli emas terbesar di negara ini adalah pemerintah, yang diketahui membeli sekitar dua pertiga dari seluruh emas yang dihasilkan secara lokal.

BACA JUGA:Review Laptop Huawei MateBook X PRO 2024, Super Ringan dengan Spesifikasi Ganas

3. Australia – 327,8 ton
Negara penghasil emas terbesar di dunia yang selanjutnya adalah Australia. Penghasilan emas di negara ini terus mengalami peningkatan selama delapan tahun berturut-turut.

Diketahui bahwa industri mineral Australia menghasilkan lebih dari setengah total ekspor dan menghasilkan sekitar delapan persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Peningkatan penghasilan emas itu karena beberapa tambang melakukan peningkatan proyek, seperti di Mount Morgans dan Cadia Valley.

BACA JUGA:Info Terbaru untuk Pelamar PPS Seluma, Gajinya Lumayan Besar

4. Amerika Serikat – 190,2 ton

Kemudian, di posisi empat negara penghasil emas terbesar di dunia adalah Amerika Serikat (AS). Pada 2021, Negeri Paman Sam mengalami penurunan penghasilan emas hingga di bawah 200 ton untuk pertama kalinya selama beberapa tahun.

Adapun penurunan tersebut terjadi mulai tahun 2019. Nevada adalah wilayah yang menyembang banyak emas dan mencapai 80 persen di AS. Seandainya Nevada merupakan negara sendiri, maka negara bagian tersebut bisa saja masuk ke dalam 10 tambang emas terbesar di dunia.

BACA JUGA:Dapatkan Laptop Huawei Termurah 2024 dengan Performa Memuaskan, Ini Review Spesifikasinya

5. Kanada – 170,6

Selama empat tahun, Kanada telah bertahan di posisi kelima negara penghasil emas terbesar di dunia, meski mengalami penurunan sebanyak 12 persen pada 2020 daripada tahun sebelumnya.

Canadian Malartic menjadi tambang emas terbesar di Kanada yang dimiliki oleh Yamana Gold dan Agnico Eagle. Tambang tersebut diketahui bertanggung jawab untuk memproduksi lebih dari 16 ton emas pada tahun lalu.

BACA JUGA:Asmara Berakhir Duka, Fat Cat Pria Tulus yang Tak Mampu Beli McD Demi Sang Kekasih

6. Ghana – 138,7 ton
Posisi enam negara penghasil emas terbesar di dunia adalah Ghana. Sebagai penghasil emas terbesar di Afrika, untuk pertama kalinya Ghana berhasil mengalahkan Afrika Selatan pada 2019.

Negara ini juga dikenal sebagai daerah yang punya cadangan berbagai mineral industri, seperti AngloGold Ashanti dan Gold Fields. Keduanya dikatakan mulai berfokus ke Ghana dari Afrika Selatan, karena depositnya lebih murah dan proses penambangan juga lebih mudah.

BACA JUGA:Fakta Kematian Fat Cat, Pria Asal Tiongkok yang Bundir karena Bucin, Ternyata Kekasihnya Mengidap Kelainan

7. Brasil – 107,0 ton
Di posisi ketujuh ada Brasil yang naik ke peringkat tujuh setelah sebelumnya berada di posisi sepuluh pada 2019.

Diketahui Brasil sukses meningkatkan output emas dalam tiga tahun berturut-turut.

Sebagai informasi, aktivitas penambangan ilegal meningkat tajam dalam enam tahun terakhir di jantung hutan hujan Amazon. Pada akhirnya. untuk mengatasinya, Presiden Jair Bolsonaro mendorong Brasil untuk mengembangkan Amazon secara ekonomi dan memanfaatkan kekayaan mineralnya.

BACA JUGA:Poco F6 Pro Ditenagai Prosesor Snapdragon 8 Gen 2, Segera Rilis! Ini Bocoran Spesifikasinya

8. Uzbekistan – 101,6 ton

Uzbekistan masuk daftar negara penghasil emas terbesar di dunia posisi kedelapan. Negara ini secara signifikan berhasil meningkatkan penghasilan emasnya dari tahun lalu, yang berjumlah 94,6 ton, menjadi 101,6 ton pada 2019.

Hal tersebut menunjukkan bahwa, untuk kali pertama, emas di Uzbekiztan melebihi 100 ton dalam satu tahun. Negara tersebut merupakan rumah dari Muruntau, tambang emas terbuka terbesar di dunia berdasarkan wilayah.
BACA JUGA:Sudah Tahu Belum? Ternyata 2 Daerah di Kalimantan Ini Mampu Hasilkan Emas Berkualitas, di Sini Lokasinya

9. Meksiko – 101,6 ton

Beberapa tahun terakhir, Meksiko mengalami penurunan produksi emas, walau tetap menjadi masuk daftar sepuluh besar dunia.

Bahkan, output-nya naik dari hanya 50,8 ton pada tahun 2008 menjadi lebih dari 131 ton pada 2015. Meksiko juga dinilai sebagai tempat yang menarik untuk pertambangan karena biaya regulasi yang relatif rendah.

BACA JUGA:Rekomendasi Sabun Pemutih Badan BPOM yang Ampuh Bikin Kulit Glowing dan Cerah

10. Indonesia – 100,9 ton
Indonesia masuk posisi kesepuluh negara penghasil emas terbesar di dunia. Seperti diketahui, Indonesia merupakan rumah bagi tambang emas terbesar kedua dan tertinggi di dunia, Grasberg, yang dioperasikan oleh PT Freeport Indonesia.

Selain itu, Indonesia juga bertanggung jawab untuk menambang sekitar tiga persen emas untuk pasokan global.

BACA JUGA:Surganya Harta Karun Emas, Benarkah Kualitas Emas Paling Bagus di Indonesia Berasal dari Sulawesi?

11. Afrika Selatan - 99,2 ton
Negara penghasil emas terbesar di dunia selanjutnya adalah Afrika Selatan. Di negara ini terdapat tambang emas tertua dan terdalam di dunia, dengan kedalaman tambang hingga 2,9 km di bawah permukaan yakni South Deep.

South Deep merupakan tambang emas terbesar di dunia, jika dihitung berdasarkan jumlah cadangan.

BACA JUGA:Emas Sumatera Vs Jawa, Mana yang Lebih Unggul? Ini Penjelasannyal

12. Peru - 97,8 ton
Terakhir, negara penghasil emas terbesar di dunia adalah Peru. Sebelumnya negara ini menempati posisi ketujuh negara penghasil emas terbesar di dunia. Peru mengalami penurunan produksi emas tahun 2019, dengan output turun dari 145 MT pada 2018 menjadi 130 MT di 2019.

Penambangan emas ilegal terus menjadi tantangan bagi negara tersebut, dan bertanggungjawab atas kerusakan tanah, termasuk deforestasi hutan Amazon.

Demikianlah ulasan mengenai, daftar 12 negara yang menghasilkan emas terbesar dan kualitas terbaik di dunia.


Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: