Iklan dempo dalam berita

Jangan Asal Masak, Begini Cara Mengolah Ikan Buntal agar Tidak Beracun

Jangan Asal Masak, Begini Cara Mengolah Ikan Buntal agar Tidak Beracun

--

Kemudian, koki menyusun irisan fugu tadi ke atas piring membentuk seperti kelopak bunga krisantemum dengan sejumlah garnish, meliputi lobak, taoge, hingga bunga. Supaya makin enak dan lezat, cocol daging dengan ponzu, yakni kecap berbahan dasar jeruk.

2. Shabu-shabu ikan buntal

Kemudian, ikan buntal ini juga dapat dinikmati dalam shabu-shabu yang merupakan sejenis hot pot ala Jepang.

Untuk menikmatinya, celupkan daging ikan ke dalam air atau kaldu mendidih. Kalau sudah matang, kamu dapat menyantapnya langsung atau juga boleh mencocolnya terlebih dahulu dengan saus wijen atau kecap ponzu.

3. Tecchiri

Tecchiri juga termasuk salah satu jenis hot pot ala Jepang. Jadi, apabila hidangannya menggunakan fugu, sebutannya menjadi fugu chirinabe. 

BACA JUGA:Kompak Naik, Ini Harga Emas di Pegadaian Hari Ini 16 Mei 2024, Paling Murah Segini

Maka dari itu, olahan makanan yang satu ini merupakan hidangan khas dari Prefektur Yamaguchi, Kansai, lantaran dekat dengan laut yang banyak ikan buntalnya.

Tecchiri yang satu ini bukan hanya terdiri atas daging fugu, namun juga dilengkapi dengan jamur, tahu, dan aneka sayuran yang dimasak dalam kaldu dashi. Rasanya yang mild cocok untuk kamu yang baru pertama kali cobain ikan beracun ini.

BACA JUGA:Desain Modern, Ini HP Samsung Harga Rp 2 Jutaan Terbaru 2024, Kameranya jernih

Sebagai informasi, di rumah sakit, dokter akan melakukan beberapa prosedur berikut kepada pasien yang mengalami keracunan ikan buntal:

- Memberikan oksigen melalui alat bantu napas, contohnya seperti ventilator. Apabila pasien tidak dapat bernapas secara spontan.

- Melakukan prosedur pengosongan lambung untuk mengeluarkan racun ikan buntal dari dalam tubuh.

- Memberikan cairan arang aktif atau tablet untuk membersihkan lambung.

- Melakukan cuci darah, terutama apabila pasien mempunyai penyakit ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: