Iklan dempo dalam berita

Terbukti Ampuh dan Tahan Lama, Begini Cara agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Terbukti Ampuh dan Tahan Lama, Begini Cara agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Cara jitu agar kayu tidak dimakan rayap--

Cara terakhir bisa dengan merendam kayu balok maupun kayu gelondongan di sungai, yang merupakan cara tradisional dalam mengawetkan dan meningkatkan kualitas kayu. 

Sebenarnya tujuan dari perendaman kayu di sungai ini agar kayu menyerap air, lalu memicu keluarnya zat ekstraktif yang akan larut bersama air, seperti nitrogen, glukosida, tanan, serta zat warna kayu.

Metode ini juga umum dikenal dengan nama fermentasi berantai. Dimana proses fermentasi berantai ini akan menghasilkan asam organik, gas, serta alkohol dan juga menurunkan kadar air di dalam kayu. 

BACA JUGA:Haji Bukan Gelar, Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Soal Gelar Pak Haji dan Bu Hajjah Sepulang dari Tanah Suci

Selain itu, kandungan pati kayu yang memang merupakan sumber makanan perusak seperti rayap juga akan menurun, karena zat tersebut larut ke dalam air.

Itulah mengapa cara mencegah kayu dimakan rayap ini cukup efektif, sebab minat serangga perusak seperti rayap untuk memakan kayu menjadi berkurang.

Sementara itu, membuat furnitur, kusen, atau kerangka rumah yang tahan terhadap rayap sangat tergantung pada pemilihan bahan, dalam hal ini jenis kayunya.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang disarankan jika sahabat Camkoha ingin furnitur, kusen, dan pintu tahan terhadap hama tersebut:

1. Kayu jati

Pilihan pertama adalah jati. Bahan ini sudah sangat terbukti mampu melawan serangan hama. Sifatnya kuat, kokoh, dan dapat bertahan hingga puluhan tahun. Tak heran bila sampai kini ada banyak perabot atau furnitur antik berbahan jati.

BACA JUGA:Pulang Ibadah Haji Dipanggil Pak Haji, Yuk Ketahui Sejarah Gelar Haji yang Hanya Ada di Indonesia

Harganya memang mahal tapi ini sepadan dengan kualitasnya. Sahabat juga bisa berhemat karena tak perlu khawatir mengganti furnitur atau kusen jika ada serangan hama. Apalagi jati juga tahan terhadap jamur.

2. Kayu merbau

Pilihan kedua jatuh pada merbau yang diklaim sebelas dua belas dengan kayu jati. Teksturnya keras dan sangat sulit ditembus oleh hama.

3. Kayu sengon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: