Iklan RBTV Dalam Berita

Waspadai! Ini Akibat Memakai Headset saat Tidur, Salah Satunya Risiko Cedera Telinga

Waspadai! Ini Akibat Memakai Headset saat Tidur, Salah Satunya Risiko Cedera Telinga

Dampak pakai headset saat tidur--ist

BACA JUGA:Hati-hati! Ini Dampak Anak di Bawah 5 Tahun Keseringan Main Hp, Para Orang Tua Wajib Pantau

4. Meningkatkan Risiko Terjadinya Stres

Penggunaan headset dalam waktu yang lama bisa meningkatkan kepekaan terhadap kebisingan yang dapat meningkatkan tingkat stres saat tidur. Selain itu juga, bisa mengganggu ketenangan sebelum tidur karena teralihkan perhatiannya terus-menerus oleh pikiran sehari-hari.

Nah, itulah akibat yang bisa anda dapatkan ketika memakai headset saat tidur. Pemakaian headset pastinya, ada batasannya supaya kesehatan pendengaranmu tetap terjaga. Kalau berlebihan kamu lakukan, pastinya akan muncul gangguan telinga yang bila dibiarkan bisa berbahaya. 

Telinga bisa saja mengalami gangguan pendengaran jika kamu yang tak terlalu memperhatikan berapa lama pakai headset tiap hari. Itu sebabnya, kamu harus membuat reminder agar tidak dipakai secara berlebihan.

Tak hanya memperhatikan berapa lama pakai headset tiap hari, beberapa hal ini perlu kamu perhatikan untuk menjadi pendengaran tetap sehat. Ternyata, durasi paparan kebisingan juga menjadi faktor utama saat memeriksa headset dan gangguan pendengaran. “Sebagai aturan praktis, kamu sebaiknya hanya menggunakan perangkat MP3 dengan volume maksimal 60% selama total 60 menit sehari,” kata Dr. Foy seorang dokter anak osteopati dari California Amerika Serikat.

BACA JUGA:Bisa Langsung Cair! Begini Cara Pinjam di Akulaku, Syarat Usia Minimal 23 Tahun

Ia menambahkan “Semakin keras volumenya, seharusnya semakin pendek durasinya. Pada volume maksimum, kamu sebaiknya mendengarkan hanya sekitar lima menit sehari.”

Bila kamu memasang volume terlalu besar, biasanya akan merasa nyeri dan pusing. Apalagi pemakaian headset kamu terlalu lama. Bahkan, beberapa orang merasa pengang atau ada suara berdecit.

volume suara bisa menjadi salah satu pertimbangannya. Tergantung seberapa kencang kamu menyalakan volume bunyi-bunyian tersebut. 

Volume maksimum yang bisa diterima telinga adalah sekitar 105 hingga 110 dB. Sebagai referensi, paparan tingkat suara di atas 85 dB (sama dengan mesin pemotong rumput atau peniup daun) dapat menyebabkan kemungkinan kerusakan telinga jika berlangsung lebih dari dua jam.

Sedangkan paparan suara 105 hingga 110 dB dapat menyebabkan kerusakan dalam lima menit. Suara yang kurang dari 70 dB kemungkinan besar tidak akan menyebabkan kerusakan berarti pada telinga. Oleh sebab itu, disarankan kamu mengatur volume di bawah 70 dB untuk menjaga telinga tetap sehat.

BACA JUGA:Bunda Harus Tahu! Ini 8 Akibat Terlalu Lama Main Hp Bagi Anak serta Cara Mengatasi Dampak Buruknya

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh penggunaan headset bisa menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu. Berikut adalah penjelasan mendetail mengenai tanda-tanda gangguan pendengaran:

1. Telinga Berdenging, Menderu, Mendesis, atau Berdengung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: