Iklan dempo dalam berita

Peternak Ayam Wajib Coba, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau dan Lalat di Kandang Ayam, Pasti Berhasil

Peternak Ayam Wajib Coba, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau dan Lalat di Kandang Ayam, Pasti Berhasil

Cara menghilangkan bau dan lalat di kandang ayam--

2. Pemilihan Jenis Kandang
Pemilihan jenis kandang ayam yang tepat memiliki manfaat mengurangai risiko bau kotoran dan mengurangi populasi lalat. Contohnya jenis kandang close house untuk ternak ayam broiler atau ayam petelur.

Kandang close house merupakan sistem kandang tertutup yang memungkinkan ayam tidak bersentuhan langsung dengan lingkungan luar. Dengan begitu, kandang close house amat berguna bagi anda yang ingin menghilangkan aroma tak sedap dari kandang dan menghindari lalat.

BACA JUGA:Tabel Angsuran BRI Umum 2024, Pinjam Rp 70-100 Juta Per Bulan Cuma Bayar Segini

3. Penentuan Lokasi Kandang

Selain dari jenisnya, menentukan lokasi kandang yang sesuai untuk ditempati ayam juga bisa menghilangkan bau. Lokasi ideal untuk kandang ayam umumnya terdiri dari beberapa aspek, yaitu jauh dari rumah penduduk, harus mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan juga aman dari gangguan dari lingkungan luar.

Usahakan lokasi yang digunakan adalah lokasi yang mempunyai tingkat kelembaban yang rendah. Karena jika lokasi kandang terlalu lembab maka kotoran ayam akan sulit kering dan menimbulkan aroma kurang sedap.

BACA JUGA:Tabel Angsuran BRI Umum 2024, Pinjam Rp 70-100 Juta Per Bulan Cuma Bayar Segini

4. Pemberian Sekam Padi
Kotoran ayam yang masih basah lebih bau di bandingkan dengan yang sudah kering. Karena hal tersebut beragam cara dilakukan peternak ayam untuk mempercepat proses pengeringan kotoran/feses yang dihasilkan ayam mereka.

Sekam padi sudah sejak lama digunakan oleh kebanyakan peternak sebagai alas pada kandang. Karena memiliki sifat yang panas, sekam padi bermanfaat untuk membuat kotoran ayam menjadi cepat kering.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Kupra BRI Terbaru, Pinjam Rp 10-50 Juta Syaratnya Punya Usaha Jalan Minimal 1 Tahun

5. Penyemprotan Cairan Desinfektan Buatan

Langkah menghilangkan bau dan lalat di kandang ayam selanjutnya adalah dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan alami.

Cairan ini bisa dengan mudah kita buat sendiri menggunakan campuran deterjen, air tembakau dan pemutih pakaian yang diyakini ampuh mengatasi bau serta mengusir lalat di kandang ayam.

Nah, selain mengetahui cara menghilangkan bau dan lalat di kandang ayam, sahabat Camkoha juga perlu untuk mengetahui apa saja penyebab dari bau yang nantinya akan mengudang lalat. Sebab jika sahabat tidak tahu penyebabnya maka masalah ini akan terus berulang.

BACA JUGA:Pinjaman Non KUR BCA 2024, Begini Tabel Simulasi Pinjaman Rp 100 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: