Iklan dempo dalam berita

Yakin Aman? Ini 7 Risiko Galbay Paylater, Jangan Coba-coba Mangkir, Urusan Bisa sampai Hukum

Yakin Aman? Ini 7 Risiko Galbay Paylater, Jangan Coba-coba Mangkir, Urusan Bisa sampai Hukum

7 risiko gagal bayar paylater, pastikan selalu bayar tagihan--

Keterlambatan pembayaran dan masalah terkait lainnya dapat merusak reputasi keuangan kamu. Ini dapat mempengaruhi kemampuan kamu untuk mendapatkan kredit, pinjaman, atau layanan keuangan lainnya di masa depan.

Nah, dari beberapa risiko diatas, agar kamu tidak terjebak dalam situasi tersebut. Penting untuk kamu mengetahui tips bijak agar kamu tidak terlilit tagihan paylater.

1. Gunakan untuk kebutuhan tertentu saja

Tips yang pertama adalah menggunakan paylater untuk membeli kebutuhan tertentu saja. 

Kebutuhan tertentu ini misalnya, kebutuhan-kebutuhan yang sifatnya mendesak atau jika limit paylater kamu sudah jutaan rupiah, kamu bisa menggunakannya untuk membeli gawai elektronik yang dibutuhkan untuk bekerja. 

BACA JUGA:DC Pinjol Datang ke Rumah? Jangan Panik, Coba Lakukan 7 Cara Ini untuk Menghadapinya

Hal ini tujuannya adalah untuk membatasi penggunaan metode pembayaran ini. Sebab dengan kemudahan pendaftaran dan penggunaan, ditakutkan pengguna akan menjadi lebih konsumtif di masa depan. 

2. Gunakan satu aplikasi saja

Fitur paylater umumnya terintegrasi dengan aplikasi lain, seperti Tokopedia Paylater yang terintegrasi dengan Tokopedia.

Hal ini menimbulkan peluang pengguna untuk menggunakan dua atau lebih paylater dari aplikasi berbeda sekaligus. Apalagi proses pendaftarannya juga mudah. 

Namun, penggunaan dua atau lebih paylater dalam satu kali waktu bisa membuat kesehatan keuangan terancam.

BACA JUGA:Peternak Ayam Wajib Coba, Ini 5 Cara Menghilangkan Bau dan Lalat di Kandang Ayam, Pasti Berhasil

Sebab, kamu harus membayar utang dari berbagai aplikasi sekaligus dan tentunya nilai utang tersebut akan semakin besar seiring dengan berjalannya waktu. Maka dari itu, gunakan satu aplikasi paylater saja. 

3. Masukkan paylater dalam kategori utang

Pinjaman paylater sama halnya dengan pinjaman atau utang lainnya yang harus dilunasi. Maka dari itu, sebaiknya kamu memasukkan nominal pinjaman dari metode pembayaran ini ke dalam alokasi utang di setiap anggaran bulanan kamu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: