Iklan RBTV Dalam Berita

Pengidap Rematik Wajib Tahu, Hindari 10 Hal Ini Agar Rematik Tidak Kambuh

Pengidap Rematik Wajib Tahu, Hindari 10 Hal Ini Agar Rematik Tidak Kambuh

Pengidap Rematik Wajib Tahu, Hindari 10 Hal Ini Agar Rematik Tidak Kambuh--Foto: ist

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kemampuan ginjal untuk membuang kelebihan asam urat akan menurun. Oleh karena itu, jika Anda kurang minum, bahkan sampai dehidrasi, risiko terjadinya serangan rematik asam urat pun akan meningkat.

BACA JUGA:Daun Jarak Punya Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Obat Rematik

7. Obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan, seperti obat diuretik dan aspirin, diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat dan menjadi pemicu rematik asam urat kambuh. Agar mencegah serangan asam urat, informasikanlah kepada dokter jika Anda menderita penyakit ini agar dokter dapat menyesuaikan obat-obatan yang diresepkan.

8. Obesitas

Peningkatan berat badan akan membuat ginjal makin sulit membuang kelebihan asam urat dari dalam darah. Tidak hanya itu, obesitas juga meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya kada insulin juga dapat meningkatkan asam urat.

9. Menderita diabetes

Penderita diabetes mungkin memiliki kadar insulin yang tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, sehingga menjadi pemicu rematik asam urat kambuh.

BACA JUGA:Obat Rematik Alami, Tanpa Harus ke Dokter

10. Stres

Pada sebagian orang, stres juga dapat menjadi pemicu rematik asam urat kambuh. Tingginya tingkat stres dan kecemasan dapat berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat di dalam darah.

Mengenali faktor pemicu rematik asam urat akan membantu Anda terhindari dari keluhan yang menyakitkan dan mengganggu aktivitas harian. Bila serangan asam urat telanjur kambuh, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini untuk meredakannya:

- Minum banyak air putih.

- Jangan mengonsumsi minuman yang manis atau beralkohol.

- Posisikan bagian tubuh yang nyeri agar lebih tinggi daripada jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: