Iklan dempo dalam berita

Mengenal Suku Rejang, Suku Tertua di Bumi Rafflesia yang Punya Tradisi Unik

Mengenal Suku Rejang, Suku Tertua di Bumi Rafflesia yang Punya Tradisi Unik

Mengenal suku Rejang--

Sehingga maksud dilaksanakannya Bekejai adalah untuk membawa kedua mempelai menjadi keluarga yang bahagia lahir dan batin, serta meraih kesuksesan, serta dapat menghalangi dari bencana.

BACA JUGA:Menarik Diselami, Ini Spesifikasi Hp Redmi 12C Harga Rp 1 Jutaan, Murah dan Terbaik

2. Tradisi Kedurai Apem
Tradisi Kedurai Apem adalah tradisi yang dimiliki masyarakat Kabupaten Lebong, khususnya masyarakat di Kecamatan Lebong Tengah dan Bingin Kuning.

Tradisi ini cukup unik karena menggunakan apem sebagai bentuk persembahan terhadap nenek moyang. Tradisi Kedurai Apem dilakukan oleh masyarakat pada bulan Oktober atau sebelum masyarakat turun menanam padi.

BACA JUGA:Mau Buka Gerai Indomaret? Lengkapi Syarat Berikut, Modalnya Tidak Terlalu Besar

3. Tradisi Kedurai Agung
Tradisi Kedurai Agung adalah ritual adat yang diwariskan turun temurun oleh leluhur Suku Rejang. Tradisi Kedurai Agung adalah bentuk rasa syukur atas nikmat dan kesejahteraan yang telah diberikan oleh Tuhan.

Dalam rangkaian kegiatan Kedurai Agung terdapat punjung berupa nasi kuning yang dibungkus daun pisang dan disusun ke atas menyerupai tumpeng. Punjung ini akan diperebutkan karena dipercaya dapat memberikan berkah bagi orang yang memakannya.

Sementara itu, tambahan informasi, masyarakat Rejang umumnya merupakan penutur dwibahasa sejak masa lalu. Mereka bertutur dalam bahasa Rejang sebagai bahasa ibu dan bahasa Melayu sebagai bahasa kedua, dengan kemahiran yang sama baiknya.

BACA JUGA:Surat Istimewa, Baca 17 kali Sehari, InsyaAllah Rezeki Lancar dan Hajat Dimudahkan

Pada masa sekarang, khususnya di kota-kota kecamatan seperti Curup yang penduduknya seimbang antara suku Rejang sebagai orang asli dan masyarakat pendatang, terdapat gejala penurunan kemampuan dwibahasa pada masyarakat Rejang.

Generasi muda di kota-kota kecamatan mulai menjadi penutur jati bahasa Melayu dan hanya sedikit yang memahami bahasa Rejang. Bahkan banyak yang tidak memahami bahasa leluhur mereka sama sekali.

Bahasa Rejang di kota-kota kecamatan perlahan tergantikan oleh bahasa Melayu Bengkulu yang dipandang sebagai basantara masyarakat Bengkulu yang beragam.

Demikianlah ulasan mengenai, mari mengenai asal usul Suku Rejang, suku tertua di Bumi Rafflesia.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: