Iklan RBTV Dalam Berita

Kejahatan Semakin Menggila, Ini 4 Ciri Rekening Bank Dibobol dan 7 Cara Menghindarinya

Kejahatan Semakin Menggila, Ini 4 Ciri Rekening Bank Dibobol dan 7 Cara Menghindarinya

Ciri-ciri rekening bank dibobol--

4. Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM)

LTKM adalah laporan yang disampaikan kepada PPATK atas adanya transaksi keuangan yang mencurigakan yang dilakukan oleh seseorang atau badan usaha.

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Istri Menolak Ajakan Suami karena Capek? Begini Penjelasannya

Jika sebuah bank membuat LTKM atas transaksi yang mencurigakan pada rekening seorang nasabah, maka ini juga dapat menjadi tanda bahwa rekening telah dibobol.

Tips Menghindari Kejahatan Perbankan

Meningkatkan kewaspadaan supaya tidak terjadi pembobolan rekening adalah hal yang wajib dilakukan. Terlebih lagi kini sudah memasuki era digital. 

Kemajuan teknologi tidak hanya memberi kemudahan dalam pekerjaan atau kegiatan yang bermanfaat. Namun, kejahatan finansial perbankan juga menjadi lebih mungkin untuk dilakukan. 

Lalu, bagaimakah caranya agar kita semua bisa terhindar dari aksi pembobolan rekening?

Berdasarkan jurnal Identifikasi Tindakan Pengawasan dan Pencegahan Terhadap Kejahatan Finansial Perbankan, Asyari dan Lulu (2021: 1078), salah satu cara menghindari kejahatan perbankan adalah menjaga data pribadi.

BACA JUGA:Dijamin Untung, Ini Daftar 10 Ide Usaha Modal Rp 10 Jutaan, Lengkap dengan Tips Menjalankan

Hal lain yang bisa dilakukan adalah waspada akan adanya upaya penipuan, melakukan pengecekan pada situs yang biasanya diakses, serta menggunakan fasilitas keamanan, seperti virtual keyboard saat memasukkan password dan melakukan log out setelah transaksi.

Jika pemilik rekening merasa ada ciri-ciri rekening dibobol pada mereka, hal yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak bank supaya ada tindakan konkrit dalam upaya melindungi rekening maupun mengembalikan sejumlah dana yang hilang.

Berikut ini beberapa cara mengamankan rekeningmu agar aman dan tidak di bobol:

1. Aktifkan Fitur Notifikasi SMS

Cara menghindari pembobolan rekening yang pertama, yaitu dengan mengaktifkan fitur notifikasi SMS. Meskipun cara ini sangat sederhana, tapi dengan melakukannya kamu bisa mengetahui pemberitahuan dana masuk dan keluar ke nomor telepon yang terdaftar di rekening bank melalui SMS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: