Iklan dempo dalam berita

Kapan Idul Adha 2024 di Indonesia? Berikut Informasi lengkap Mengenai Penentuannya

Kapan Idul Adha 2024 di Indonesia? Berikut Informasi lengkap Mengenai Penentuannya

Kapan Idul Adha 2024 di Indonesia?--

Proses pemantauan hilal ini dilakukan di berbagai titik di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Data yang diperoleh dari pemantauan ini kemudian dianalisis untuk menentukan apakah hilal sudah terlihat atau belum.

BACA JUGA:Miliki Cadangan Harta Karun Emas Mencapai 168,6 Juta Ton, Ternyata Ini Kualitas Emas Sumatera

Jika hilal terlihat, maka bulan baru dalam kalender Hijriah dimulai, dan tanggal 1 Dzulhijjah akan ditetapkan. Dari sini, 10 hari kemudian akan jatuh pada Hari Raya Idul Adha.

Meski begitu, untuk saat ini masih belum ada pengumuman resminya dari Kementerian Agama.

Namun, penentuan tanggal Hari Raya Idul Adha ini juga bisa diperkirakan dengan menggunakan metode hisab, yaitu perhitungan astronomi yang dilakukan untuk menentukan posisi bulan. 

BACA JUGA:Orang Tapanuli Selatan dan Aceh Tengah Harus Tahu, Daerah Ini Penghasil Harta Karun Emas di Sumatera

Penetapan Hari Raya Idul Adha oleh Muhammadiyah

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 2024 berdasarkan perhitungan hisab hakiki wujudul hilal. 

Metode hisab hakiki wujudul hilal adalah metode yang menggabungkan perhitungan posisi bulan dengan kriteria wujudul hilal, yaitu kriteria yang menyatakan bahwa bulan dianggap sudah terlihat jika posisi bulan sudah di atas ufuk setelah matahari terbenam. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Telewat! Ini Jadwal Pemutihan Pajak Kendaraan Provinsi Jawa Barat

Berdasarkan perhitungan ini, Muhammadiyah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 17 Juni 2024 (Senin).

"Dan Hari Raya Iduladha (10 Zulhijah 1445 H) jatuh pada Senin 17 Juni 2024," ujar Sekretaris PP Muhammadiyah, berdasarkan Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H.

BACA JUGA:Ternyata Riau dan Sumsel Punya Harta Karun Minyak Bumi Terbesar di Indonesia, Segini Produksinya Perhari

Tanggal Libur dan Cuti Bersama Idul Adha 2024

Sebelumnya, pemerintah melalui SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024 sudah menetapkan tanggal merah untuk hari libur nasional dan cuti bersama peringatan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: