Iklan dempo dalam berita

Cara Sukses Budidaya Ternak Burung Walet, Bisa Dicoba di Rumah

Cara Sukses Budidaya Ternak Burung Walet, Bisa Dicoba di Rumah

Cara Budidaya Burung Walet--

BACA JUGA:Informasi Terbaru Pemadaman Listrik di Bengkulu, Sumsel dan Jambi

6. Pemeliharaan Kandang atau Rumah Walet
Kotoran yang telah menumpuk dalam rumah walet sebaiknya dibersihkan namun jangan dibuang tapi dikumpulkan dalam karung dan diletakkan dalam rumah walet itu saja.

Pemanenan perlu dilakukan secara hati-hati jangan sampai salah karena jika salah maka akan berakibat fatal, semua burung yang terganggu akan pergi dari rumah walet Anda dan mencari tempat lain untuk tinggal.

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Ikut Serta Program Pemutihan Pajak Kendaraan 2024, Cek Jadwalnya Sekarang

7. Pemanenan Sarang Walet dan Pasca Panen
Apabila sarang walet sudah memungkinkan untuk dipanen, maka lakukan pemanenan, pemanenan dapat dilakukan sebanyak 4x, 3x, atau 2x dalam setahun.

Ada beberapa pola atau cara pemanenan sarang burung walet dengan, di antaranya:

- Panen Rampasan
Cara ini dilakukan setelah sarang walet siap untuk dipakai bertelur, namun pasangan walet belum sempat bertelur. Cara ini memiliki keuntungan, diantaranya:

- Jarak panen cepat

- Kualitas sarang burung walet akan bagus dan total produksi sarang burung per tahunnya akan lebih banyak.

Akan tetapi cara ini memiliki kelemahan karena tidak ada peremajaan, burung yang terus membuat sarang dan kelelahan maka kualitas sarangnya menjadi kecil dan tipis karena produksi air liur tidak mampu mengimbangi pemacuan waktu untuk membuat sarang dan bertelur.

BACA JUGA:Dana Desa di Kabupaten Kudus Tahun 2024, Ini Rincian per Desa

- Panen Buang Telur
Cara ini dilakukan setelah burung membuat sarang dan bertelur sebanyak dua butir, telur tersebut kemudian dibuang lalu sarangnya diambil. Cara ini memiliki keuntungan seperti dapat dilakukan panen hingga 4 kali dalam setahun dan kualitas sarang yang dihasilkan baik. Kelemahan cara ini yaitu walet tidak ada waktu untuk menetaskan telur.

- Panen Penetasan
Cara pemanenan sarang dengan pola ini dilakukan ketika anak-anak walet menetas dan sudah bisa terbang. Kelemahan cara ini yaitu mutu sarang yang rendah, keuntungannya yaitu burung walet dapat berkembang biak sehingga populasi walet dapat meningkat.

Setelah pemanenan, lakukan pembersihan sarang dari kotoran yang menempel, lalu lakukan penyortiran terhadap sarang burung walet yang telah didapatkan.

Demikian ulasan mengenai cara budidaya ternak burung walet paling gampang sampai sukses. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: