Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Daftar 10 Bank Syariah Besar Selain BSI Banyak Diminati Nasabah

Ini Daftar 10 Bank Syariah Besar Selain BSI Banyak Diminati Nasabah

10 Bank Syariah Besar Selain BSI Banyak Diminati Nasabah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini daftar 10 bank Syariah besar selain BSI banyak diminati nasabah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai persaingan di pasar perbankan syariah di Indonesia saat ini tidak sehat karena dikuasai oleh satu pemain, yakni PT Bank Syariah Indonesia (Persero) Tbk atau BSI.

BACA JUGA:Tertarik Beli Mobil Baru, Pahami Dulu Kekurangan Membeli Mobil Baru, Berserta Tips agar Tidak Rugi

Diketahui, Bank Syariah adalah lembaga perbankan yang beroperasi berlandaskan prinsip atau hukum syariah Islam. Prinsip itu sendiri berkaitan dengan keadilan dan keseimbangan (‘adl wa tawazun), universalisme (alamiyah), dan kemaslahatan (maslahah). 

BACA JUGA:Mending Beli Mobil Baru atau Bekas? Mana yang Lebih Untung, Ini Perbedaannya

Pemerintah Indonesia sendiri juga mengatur tentang operasional bank syariah dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah. Dalam peraturan tersebut, tercantum bahwa bank syariah berperan menjalankan fungsi sosial dan fungsi baitul mal. 

Fungsi baitul mal di sini berarti bank syariah ikut serta dalam memberikan dana berupa infak, zakat, sedekah, hibah, atau dana sosial lainnya kepada pengelola wakaf. 

BACA JUGA:Hati-hati! Salah Transfer jadi Modus Baru Pinjol Ilegal, Ini 4 Trik yang Harus Dilakukan

Selain itu, cara kerja bank syariah di Indonesia menerapkan 3 prinsip utama, yaitu pembiayaan murabahah (jual beli dengan markup), mudharabah (bagi hasil), dan musyarakah (kerjasama).

Dalam hal ini, transaksi dalam bank syariah tidak boleh mengandung riba (bunga), gharar (ketidakpastian), maysir (judi), tadlis (penipuan) dan berbagai tindakan lain yang dilarang dalam agama Islam. 

BACA JUGA:Pinjaman tanpa Agunan BCA Bisa Cair dalam Waktu 1 Hari Kerja, Ini Keunggulan Serta Kelemahannya

Untuk memastikan hal ini, bank syariah di Indonesia tidak hanya akan diawasi oleh OJK, tetapi juga oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang teridiri dari individu yang ahli di bidang keagamaan Islam sekaligus transaksi keuangan.

BACA JUGA:Ini Jenis Pinjaman tanpa Agunan BRI, Minimal Usia 21 Tahun Bisa Ajukan Pinjaman

Berikut daftar 10 bank syariah besar di Indonesia selain BSI, beserta pangsa pasarnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: