Iklan dempo dalam berita

Ini Rincian Biaya Pernikahan di Jawa Barat, Mulai Seserahan hingga Harga Undangan

Ini Rincian Biaya Pernikahan di Jawa Barat, Mulai Seserahan hingga Harga Undangan

Biaya Pernikahan di Jawa Barat--

Bakakak Hayam adalah ritual pemotongan ayam jantan yang melambangkan keberanian dan keteguhan hati. Dalam adat Sunda, ritual ini dilakukan sebagai simbol keberanian mempelai pria dalam menjalani rumah tangga. Ayam yang dipilih biasanya adalah ayam dengan kualitas terbaik dan dalam kondisi sehat.

Selain biaya ayam itu sendiri, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya untuk pelaksanaan ritual, termasuk biaya pendeta atau tokoh adat yang memimpin ritual. Estimasi biaya untuk Bakakak Hayam ini berkisar antara Rp1.000.000-Rp3.000.000.

BACA JUGA:Resmi Berlaku! Ini Harga Elpiji Per 1 Juli 2024 di Seluruh Indonesia

6. Biaya Akad Nikah Sunda dan KUA

Akad nikah adalah prosesi sakral yang menandai sahnya sebuah pernikahan. Untuk akad nikah di kantor KUA (Kantor Urusan Agama) pada hari dan jam kerja, kamu tidak akan dikenai biaya.

Namun, jika kamu mengadakan pernikahan di luar hari dan jam kerja, kamu harus menyiapkan biaya Rp600.000. Kamu juga perlu pertimbangkan biaya makanan ringan bagi keluarga dan tamu yang hadir pada prosesi akad nikah. Estimasinya mulai dari Rp1.000.000.

7. Biaya Mahar Pernikahan

Mahar merupakan salah satu elemen wajib dalam pernikahan yang melambangkan tanda cinta dan tanggung jawab suami kepada istri. Dalam adat Sunda, mahar biasanya diberikan dalam bentuk uang, emas, atau barang berharga lainnya.

Besaran mahar sangat variatif dan tergantung pada kesepakatan kedua belah pihak serta kemampuan finansial. Kamu perlu memastikan bahwa mahar yang diberikan sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan salah satu pihak.

BACA JUGA:5 Kecamatan yang Dilintasi Proyek Tol Bengkulu-Lubuk Linggau, Ini Daftar Wilayahnya

8. Biaya Sewa Gedung dan Dekorasi

Pemilihan tempat atau gedung untuk resepsi pernikahan adalah salah satu hal yang mempengaruhi anggaran pernikahan secara signifikan. Biaya sewa gedung bisa sangat variatif, tergantung lokasi, kapasitas, dan fasilitas yang ditawarkan.

Selain itu, dekorasi juga memegang peranan penting dalam menambah estetika dan nuansa pernikahan. Secara umum, biaya sewa gedung dan dekorasi bisa berkisar antara Rp6.000.000-Rp30.000.000.

BACA JUGA:Simulasi Kredit Hp iPhone 15 All Varian! Cicilan Ringan dan Tenor Panjang, Simak Cara Pengajuannya di Sini

9. Biaya Katering Pernikahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: