Iklan dempo dalam berita

Ini Rincian Biaya Pernikahan di Jawa Barat, Mulai Seserahan hingga Harga Undangan

Ini Rincian Biaya Pernikahan di Jawa Barat, Mulai Seserahan hingga Harga Undangan

Biaya Pernikahan di Jawa Barat--

Dalam adat Sunda, seserahan biasanya berupa seperangkat alat sholat, perhiasan, pakaian, dan barang-barang lain yang dianggap penting.

Biaya seserahan sangat variatif, tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak dan kualitas barang yang diberikan. Kamu bisa menganggarkan mulai dari Rp2.000.000 hingga Rp4.000.000.

BACA JUGA:All New Honda BeAT Series Meluncur, Astra Motor Bengkulu Gelar Press Conference Bersama Geisha

2. Biaya Siraman Nikah Adat Sunda

Siraman adalah ritual pembersihan diri sebelum pelaksanaan akad nikah. Dalam adat Sunda, siraman dilakukan dengan menggunakan air bunga yang dipercaya dapat membersihkan jiwa dan raga.

Biaya untuk siraman ini mencakup biaya pembelian bunga, sewa tempat (jika dilakukan di luar rumah), dan biaya tenaga kerja seperti tukang siram dan penyediaan alat-alat siraman. Estimasi biaya siraman bisa berkisar antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000.

3. Biaya Ritual Mapag Sri

Mapag Sri adalah ritual adat Sunda yang dilakukan sebagai bentuk doa dan harapan agar pasangan yang menikah mendapatkan keturunan. Dalam ritual ini, biasanya disediakan sajian-sajian khusus dan dilakukan serangkaian doa.

Biaya untuk Mapag Sri terdiri dari biaya sajian, biaya pendeta atau tokoh agama yang memimpin doa, serta biaya dekorasi dan tempat. Untuk menganggarkan biaya nikah adat Sunda, kamu harus masukkan estimasi biaya untuk ritual Mapag Sri sekitar Rp2.000.000-Rp5.000.000.

BACA JUGA:Launching All New Honda BeAT, Band Geisha Sukses Guncang Bumi Rafflesia

4. Biaya Sirih Penganten

Sirih Penganten merupakan salah satu elemen penting dalam pernikahan adat Sunda. Sirih ini melambangkan kesucian dan harapan agar hubungan yang dibina kedua mempelai berjalan dengan harmonis. Biasanya, sirih penganten terdiri dari daun sirih, kapur, gambir, tembakau, dan pinang.

Semua bahan ini disusun dengan rapi dalam sebuah tempat khusus yang biasa disebut dengan "tapak sirih". Estimasi biaya untuk Sirih Penganten ini berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000, tergantung pada kualitas dan keistimewaan bahan serta tempat penyimpanannya.

BACA JUGA:All New Honda BeAT Series Meluncur, Astra Motor Bengkulu Gelar Press Conference Bersama Geisha

5. Biaya Bakakak Hayam Adat Sunda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: