Iklan dempo dalam berita

Apa Keutamaan Puasa Asyura? Ini Waktu Paling Baik Melaksanakan Puasa Asyura dan Tata Caranya

Apa Keutamaan Puasa Asyura? Ini Waktu Paling Baik Melaksanakan Puasa Asyura dan Tata Caranya

Apa Keutamaan Puasa Asyura? Ini Waktu Paling Baik Melaksanakan Puasa Asyura dan Tata Caranya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Apa keutamaan puasa-asyura? Ini waktu paling baik melaksanakan puasa asyura dan tata caranya.

Puasa Asyura menjadi ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan ketika memasuki bulan Muharram. Puasa yang dikerjakan pada bulan Muharram ini, termasuk termasuk puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan. Lantas kapan puasa Asyura 2024? Simak jadwal, niat, hadits, keutamaan hingga tata caranya.

BACA JUGA:Puasa Asyura 10 Muharram, Berikut Keutamaan, Bacaan Niat dan Sejarahnya

Selain puasa Asyura ada pula Puasa Tasua. Merujuk pada pengertiannya, puasa Tasua adalah puasa sunah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Muharram. Sedangkan puasa Asyura dikerjakan pada 10 Muharram

Puasa Asyura Dilaksanakan pada 10 Muharram

Puasa Asyura dilaksanakan setiap 10 Muharram. Tahun ini, pemerintah menetapkan 1 Muharram 1446 H jatuh pada Minggu, 7 Juli 2024. Dengan demikian, 10 Muharram atau jadwal puasa Asyura dilakukan pada Selasa, 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Doa dan Niat Puasa Muharram 1446 H /2024, Catat Jadwalnya

Bolehkah Puasa Asyura 3 Hari?

Masih mengacu kitab Fiqh as-Sunnah Sayyid Sabiq, para ulama membagi pelaksanaan puasa Asyura dalam tiga tingkatan. Tingkatan pertama, puasa Asyura dilakukan selama tiga hari, yakni tanggal 9, 10, dan 11 Muharram.

Tingkatan kedua, puasa dilakukan tanggal 9 dan 10 Muharram dan tingkatan ketiga puasa Asyura dilakukan tanggal 10 Muharram saja.

Dari pernyataan tersebut, puasa Asyura boleh dilakukan 3 hari, 2 hari, atau sehari saja tepat pada 10 Muharram. Adapun yang lebih utama dalam hal ini adalah mengiringi puasa Asyura dengan berpuasa sehari sebelum atau setelahnya. Hal ini dilakukan untuk membedakan dengan puasanya umat terdahulu.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Puasa Ayyamul Bidh Tahun 2024, Catat Tanggalnya

Bolehkah Puasa Asyura Tanggal 10 dan 11?

Mengacu pada pembagian tingkatan puasa Asyura oleh para ulama, maka umat Islam boleh melakukan puasa Asyura tanggal 10 dan 11 Muharram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: