Iklan dempo dalam berita

6 Minuman yang Tidak Boleh Diminum Ibu Hamil Muda, No 2 Sering Kali Diabaikan!

6 Minuman yang Tidak Boleh Diminum Ibu Hamil Muda, No 2 Sering Kali Diabaikan!

Minuman yang Tidak Boleh Diminum Ibu Hamil Muda--

BACA JUGA:BRI Jadi Kontributor Dividen BUMN Terbesar 2023, Tembus Rp 23,2 Triliun

3. Minuman Berkafein

Kopi, teh, dan cokelat mengandung kafein yang sebaiknya dibatasi saat hamil. Bunda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari atau setara dengan 2 cangkir kopi. Kafein berlebihan bisa meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Jadi, kalau Bunda penggemar kopi, coba kurangi dan ganti dengan minuman yang lebih aman seperti susu atau teh herbal.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kafein dan gula yang tinggi. Satu kaleng minuman bersoda mengandung sekitar 30–55 mg kafein, dan rasanya yang manis sering bikin kita nggak sadar sudah mengonsumsi banyak.

Padahal, minum lebih dari 4 kaleng sehari sudah melewati batas konsumsi kafein harian yang dianjurkan.
Gula dalam minuman bersoda juga bisa memicu peningkatan berat badan yang berlebihan selama hamil, meningkatkan risiko obesitas dan diabetes gestasional. Jadi, kurangi minuman bersoda ya, Bunda!

BACA JUGA:Berawal dari Medsos dan Berakhir di Peraduan Bersama Gadis ABG, Pemuda Ini Kandas di Jeruji Besi

5. Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Susu segar yang belum dipasteurisasi memang terdengar menyegarkan, tapi sebaiknya Bunda hindari. Susu yang tidak dipasteurisasi bisa mengandung bakteri Listeria monocytogenes yang berbahaya dan bisa menyebabkan listeriosis.

Kondisi ini bisa mengakibatkan kelahiran prematur, keguguran, janin meninggal di dalam kandungan, serta bayi lahir dengan infeksi berat. Jadi, pastikan Bunda hanya mengonsumsi susu yang sudah dipasteurisasi, ya!

6. Jamu

Jamu memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi saat hamil, sebaiknya Bunda berhati-hati. Beberapa jenis jamu, terutama yang mengandung daun mint, sage, rosemary, dan rumput fatimah, bisa memicu kontraksi dan menyebabkan keguguran di trimester pertama.

Selain itu, kebersihan dan keamanan jamu rumahan atau jamu gendong belum tentu terjamin. Jadi, untuk sementara, hindari dulu konsumsi jamu dan pilih minuman yang lebih aman.

BACA JUGA:Sudah Digelontorkan, Segini Pembagian Dana Desa di Kabupaten Semarang Tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: