Iklan dempo dalam berita

Syarat dan Kriterianya Mudah, Begini Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Syarat dan Kriterianya Mudah, Begini Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Syarat dan kriterianya mudah, begini cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merupakan badan hukum publik yang dibentuk melalui Undang-Undang No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial. 

Ini memiliki tujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya.

BACA JUGA:Tanggapi Kasus Kecurangan BPJS, Dirut BPJS Kesehatan: Masyarakat Tenang, Pelayanan Peserta JKN Tetap Berjalan

Pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dapat mencairkan uang dari gaji yang selama ini dipotong. Badan tersebut menyediakan beberapa metode yang dapat memudahkan pencairan saldo.

Anda bisa mencairkan saldo melalui layanan online yang cepat dan efisien, atau dengan mengunjungi kantor cabang mereka atau menggunakan aplikasi JMO yang praktis.

Dengan memanfaatkan kemudahan ini, Anda tidak hanya melindungi diri dari risiko finansial di masa tua, tetapi juga memastikan hak-hak Anda sebagai pekerja terjamin dengan baik di 2024.

BACA JUGA:3 Syarat yang Harus Ada dan Cara Klaim BPJS Kesehatan

Namun, khusus pencairan dari program jaminan hari tua (JHT) sebelum memasuki masa pensiun, terdapat sejumlah kriteria yang perlu diperhatikan. 

Peserta harus mengikuti syarat kepesertaan minimal selama 10 tahun. Nilai yang didapat adalah sebesar 30% dari total dana keseluruhan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Hari Tua, angka tersebut diproyeksikan untuk kepemilikan rumah atau paling banyak 10% untuk keperluan lain sesuai persiapan memasuki masa pensiun.

BACA JUGA:Skandal Klaim Fiktif BPJS, Negara Rugi Rp34 Miliar, 2 RS di Sumatera dan 1 RS di Jateng Terdeteksi KPK

Kriteria dan Syarat Klaim BPJS Ketenagakerjaan di 2024

Beberapa syarat dan kriteria yang perlu dipenuhi untuk melakukan pengajuan klaim BPJS Ketenagakerjaan di 2024:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: