Iklan dempo dalam berita

4 Fenomena Astronomi Ini akan Terjadi Selama Bulan Agustus 2024

4 Fenomena Astronomi Ini akan Terjadi Selama Bulan Agustus 2024

4 Fenomena Astronomi Ini akan Terjadi Selama Bulan Agustus 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 4 fenomena astronomi ini akan terjadi selama bulan Agustus 2024.

Sederet fenomena langit diperkirakan akan terjadi pada Agustus 2024. Fenomena astronomi Agustus 2024 yang akan terjadi di antaranya blue moon, hujan meteor Perseids, hingga parade planet.

BACA JUGA:Perkiraan BMKG 30 Juli 2024, 11 Wilayah Ini Diprediksi dan Berpotensi Hujan Lebat

Diketahui, fenomena astronomi adalah peristiwa alam di luar angkasa yang dapat diamati dari Bumi. Setiap bulan, fenomena ini berubah karena pergerakan benda-benda langit yang memiliki orbit dan kecepatan berbeda.

BACA JUGA:Initip Prediksi Harga Kopi di Tahun 2025, Makin Naik Atau Anjlok

Dikutip dari laman Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) berikut fenomena astronomi yang akan terjadi di Agustus 2024.

1. Bulan Baru

Fenomena astronomi bulan baru atau new moon akan terjadi 4 Agustus 2024. Melansir laman Space pada Jumat (26/07/2024), bulan Baru terjadi saat bulan berada tepat di antara bumi dan matahari.

Sisi berbayang bulan akan mengarah ke bumi. Fenomena astronomi bulan baru dapat disaksikan saat bulan melintasi permukaan matahari.

BACA JUGA:Mengejutkan, Ini Isi Ramalan Jayabaya tentang Masa Depan Pulau Jawa

Bulan baru terjadi kira-kira satu kali setiap bulan, fenomena ini dipengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan bulan untuk mengorbit bumi. 

Namun, karena orbit bulan sedikit miring relatif terhadap orbit bumi mengelilingi matahari, ia tidak menghalangi matahari pada setiap orbit. Hal inilah mengapa tidak setiap bulan baru mengakibatkan Gerhana Matahari.

BACA JUGA:Skema Pembayaran Dana Pensiunan akan Diubah Pemerintah, Pensiunan PNS Bisa Terima Rp1 M

2. Parade Planet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: