Iklan dempo dalam berita

Gawat, WHO Rilis Jenis Penyakit Berpotensi Jadi Pandemi, Apa Saja?

Gawat, WHO Rilis Jenis Penyakit Berpotensi Jadi Pandemi, Apa Saja?

Daftar Penyakit Berpotensi Jadi Pandemi--

1. Virus influenza A

Flu atau influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini sangat umum terjadi di musim pancaroba.

Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika tiga sampai keempat hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu.

Kelompok virus flu ini, mencakup H1N1, yang menyebabkan pandemi flu babi pada tahun 2009, dan H5, flu burung yang menyebar di kalangan sapi dan pekerja susu di AS tahun ini.

Para ahli telah memperingatkan bahwa “Penyakit X” – sebuah istilah hipotetis untuk penyakit baru yang dapat menyebabkan pandemi – kemungkinan besar muncul dari virus flu.

BACA JUGA:6 Merek Smart TV Terbaik 2024, Desain Modern dan Harga Terjangkau

2. Sarbecovirus (atau virus corona terkait SARS)

Merupakan istilah umum untuk virus yang menyebabkan wabah SARS pada awal tahun 2000-an, wabah MERS pada tahun 2010-an, dan pandemi global covid-19 pada tahun 2020.

Ke depan, WHO mengatakan pengawasan patogen virus korona harus mempertimbangkan potensi inang hewan, yang merupakan kunci penyebaran awal wabah ini.

3. Virus Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk yang tidak menunjukkan gejala, namun juga dapat menyebabkan penyakit parah yang menyebabkan rawat inap atau kematian. Masyarakat di Asia

Tenggara dan Pasifik Barat mempunyai risiko lebih tinggi karena iklim tropisnya, namun virus demam berdarah ditemukan di seluruh dunia.

BACA JUGA:6 Merek Smart TV Terbaik 2024, Desain Modern dan Harga Terjangkau

4. Virus cacar monyet

Virus penyebab mpox menyebabkan keadaan darurat kesehatan global pada tahun 2022, namun penyakit ini telah mewabah selama bertahun-tahun di beberapa bagian Afrika Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: