Iklan dempo dalam berita

Jangan Buru-buru Resume Saat Daftar CPNS 2024, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Jangan Buru-buru Resume Saat Daftar CPNS 2024, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

Jangan Buru-buru Resume Saat Daftar CPNS 2024, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan--Foto: ist

Pilih formasi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan atau pekerjaan kamu. Lihat instansi dan jabatan yang ingin kamu coba daftar beserta ketentuanya meliputi gaji, deskripsi pekerjaan dan penempatan.

Kamu bisa melihat formasi CPNS 2024 yang tersedia di laman SSCASN pada menu ASN karir atau mengunjungi website resmi instansinya langsung.

BACA JUGA:CPNS 2024, Kemenkop UKM Buka 139 Formasi, Ini Daftar Tukin per Jabatan dan Syarat Pendaftarannya

3. E-materai wajib pada surat lamaran

Sayang sekali salah satu penyebab banyaknya peserta yang gugur pada proses seleksi adminstrasi adalah penggunaan materai yang salah pada surat lamaran.

Lamaran biasanya bisa ditulis tangan maupun diketik. Akan tetapi materai yang digunakan harus elektronik. Belajar dari kesalahan pendaftar sebelumnya, penggunaan materai tidak boleh pakai materai fisik.

4. Melihat Panduan SSCASN dan Penggunaan E-Materai

Setelah membuat akun, kamu harus membaca buku panduan pendaftaran di laman SSCASN dan membaca petunjuk penggunaan e-materai agar terhindar dari kesalahan yang bisa mengakibatkan gagal lulus seleksi.

BACA JUGA:Kemenkeu Buka 1.230 Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA/SMK Hingga S1, Simak Kisaran Gajinya

5. Pastikan berkas dokumen sesuai syarat instansi

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar ke instansi yang dituju. Setiap instansi mempunyai persyaratan yang berbeda. Lihat persyaratan berkas di laman resmi instansi tersebut.

6. Persiapkan sejak awal

Bagi kamu yang sama sekali belum mempersiapkan apa-apa untuk pendaftaran CPNS, kamu bisa mulai mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. 

Hindari sistem kebut semalam agar punya waktu untuk meninjau kembali persyaratan yang dikirmkan. Apabila ada hal yang kurang, kamu bisa menyiapkannya sebelum pendaftaran ditutup.

Mengikuti proses pendaftaran CPNS 2024 memerlukan perhatian yang detail pada berbagai aspek, terutama pada tahap seleksi administrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: