Iklan dempo dalam berita

Cara Gampang Perbaiki Kulkas Tidak Dingin, Jangan Langsung Panggil Teknisi

Cara Gampang Perbaiki Kulkas Tidak Dingin, Jangan Langsung Panggil Teknisi

Penyebab dan cara memperbaiki kulkas tidak dingin--

2. Bersihkan gulungan kondensor

Jika gulungan kondensor kotor atau tertutup jaring laba-laba, maka kulkas tak akan mendingin dengan baik.

BACA JUGA:Siapa Sukatno? Energi Baru untuk Bengkulu yang Sekarang Ramai Dibicarakan, Ini Perjalanannya

Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan adalah mencabutnya dan membersihkan gulungan kondensor tersebut. Lakukan pembersihan setidaknya setiap enam bulan sekali.

3. Bersihkan gasket/segel pintu kulkas

Seiring waktu, segel pintu kulkas akan kotor karena makanan atau sidik jari. Hal ini membuat pintu tak tersegel dengan benar hingga kulkas tak bisa terlalu dingin.

Mengutip The Spruce, coba bersihkan gasket dengan spons dan air sabun hangat. Bersihkan juga bagian kulkas yang bersentuhan dengan gasket.

Jangan gunakan pembersih abrasif seperti sikat, sabun gosok, cairan yang mudah terbakar, atau semprotan pembersih jendela.

BACA JUGA:Viral, Penampilan Mayoret Gunakan Jilbab Kuning di Pertunjukan Tuai Sorotan, Netizen: Merendahkan Agama

4. Ganti gasket pintu kulkas

Jika gasket sudah dibersihkan tapi kulkas tak kunjung mendingin, maka berarti Anda perlu menggantinya. Bisa jadi gasket sudah terlalu tua dan rapuh.

Untuk mengeceknya, coba tutup kulkas dengan menyisipkan uang kertas di pintunya, lalu tarik uang tersebut. Jika uang kertas mudah lepas, maka Anda perlu mengganti gasket.

Cari gasket pintu kulkas universal yang banyak tersedia di toko daring. Rendam gasket baru di dalam air panas selama beberapa menit agar lentur saat dipasang.

5. Bersihkan ventilasi di bagian dalam

Salah satu penyebab kulkas tidak dingin adalah karena sirkulasi udara yang kurang baik. Mengutip berbagai sumber, pergerakan udara sangat penting dalam proses pendinginan lemari es.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: