Iklan dempo dalam berita

Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Sering Muncul di TikTok, Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sering muncul di TikTok, benarkah cuka-apel bisa bantu turunkan berat badan? Yuk simak informasinya.

Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang terbuat dari fermentasi apel. Cuka ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis, dan telah lama digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan pengobatan tradisional.

BACA JUGA:Kata dr Zaidul Akbar, Minum Cuka Apel Sebelum Makan Bisa Cegah Lonjakan Gula, Begini Resepnya

Cuka apel mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk asam asetat, kalium, magnesium, dan vitamin B. Kandungan inilah yang membuat cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Benarkah Cuka Apel Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Saat ini, cuka apel sering dikonsumsi oleh masyarakat karena dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat cuka apel yang banyak dipercaya adalah menurunkan berat badan. Dilansir dari WebMD, Debbie Davis, RD, seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa cuka apel mungkin berperan dalam penurunan berat badan.

Sebuah penelitian yang mempelajari efek jangka panjang dari cuka apel untuk kesehatan, menemukan bahwa konsumsi cuka apel bisa membantu menurunkan berat badan, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Pada penelitian tersebut, para peserta diminta untuk meminum 2 sendok makan cuka apel sebelum makan besar setiap harinya selama satu bulan. Ternyata hasilnya, berat badan mereka turun sekitar 1–2 kilogram.

BACA JUGA:Tak hanya Bumbu Dapur, Simak 7 Cara Konsumsi Cuka Apel untuk Diet, Intip juga 7 Manfaat Lain Cuka Apel

Berdasarkan sejumlah riset, manfaat cuka apel yang bisa membantu menurunkan berat badan adalah sebagai berikut:

• Mengontrol Gula Darah dan Nafsu Makan

Sebuah studi menemukan bahwa cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin sekitar 19–34 persen. Hal ini tentu membuat asupan gula yang kamu dapatkan dari mengonsumsi makanan berkarbohidrat dapat terserap dengan baik dalam tubuh, sehingga kadar gula darah tetap seimbang. Melalui studi lainnya, cuka apel terbukti mampu menurunkan kadar gula darah sebanyak 34 persen, setelah partisipan mengonsumsi roti putih.

Melalui hasil-hasil positif tersebut, ditarik kesimpulan bahwa cuka apel mungkin bisa membantu mengatasi diabetes tipe 2, serta menekan rasa lapar dari makanan-makanan manis dan karbohidrat.

• Mengurangi Lemak Perut

Dalam sebuah studi terhadap 175 orang yang mengalami obesitas, ditemukan hasil bahwa partisipan yang mengonsumsi satu sendok makan cuka per hari, mengalami penurunan berat badan rata-rata 1,17 kilogram. Sementara partisipan yang mengonsumsi dua sendok cuka per harinya mengalami penurunan berat badan rata-rata 1, 67 kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: