Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Jenis Patahan Aktif di Sumatera, Sebabkan Gempa Bumi

Ini Jenis Patahan Aktif di Sumatera, Sebabkan Gempa Bumi

Jenis Patahan Aktif di Sumatera--

Dari 19 segmen patahan di Pulau Sumatera, 7 di antaranya terdapat diwilayah provinsi Sumatera Barat, seperti:

1. Segmen Siulak

Ujung selatan segmen ini berada di wilayah Jambi menyusuri lembah di Barat Daya hingga Barat Laut Gunung Kerinci, overlap dengan segmen Suliti di wilayah Solok Selatan dengan panjang total 70 km.

2. Segmen Suliti

Ujung utara segmen berada pada Danau Diatas dan Danau Dibawah dengan lebar zona 4 km. Patahan ini menelusuri lembah Sungai Suliti ke Tenggara hingga anak-anak Sungai Liki di Barat Laut Gunung Kerinci dengan panjang total 90 km.

BACA JUGA:Ini 2 Kriteria yang Diusulkan DPR untuk Pengguna BBM Subsidi Pertalite

3. Segmen Sumani

Ujung Utara segmen ini berada di sisi utara Danau Singkarak menyisir sisi Barat Daya danau tersebut melintasi daerah Kota Solok, Sumani, Selayo, dan berakhir di Gunung Talang, dengan panjang mencapai 90 km.

4. Segmen Sianok

Segmen ini memanjang dari sisi Timur Laut Danau Singkarak, melewati sisi Barat Daya Gunung Marapi hingga Ngarai Sianok, dengan panjang segmen mencapai 90 km.

5. Segmen Sumpur

Segmen Sumpur di bagian Utara berujung pada sisi selatan Depresi Sumpur, di selatan Panti, kemudian menyisir Lembah Batang Sumpur ke Tenggara, Salabawan, hingga Bonjol menyusuri Sungai Silasung dengan panjang sehmen 35 km.

BACA JUGA:Pernikahan Viral, Banjir-banjir Tetap Digas! Tamu Santai Menikmati Hidangan yang Disuguhkan

6. Segmen Barumun

Ujung Utara segmen ini berada di wilayah Sosopan Julu, Sumatera Utara dan menyusuri Lembah Sungai Barumun. Bagian selatan segmen ini berada di wilayah Sumatera Barat yakni daerah Panti, Sitompa, hingga Sunpadang (Kec.Rao).

7. Segmen Angkola

Ujung Utara segmen ini bermula pada lembah Batang Toru, menyisir lembah Sungai Batang Angkola dan Batang Gadis di Sumatera Utara. Sementara ujung selatannya berada di wilayah Sumatera Barat dekat Lembah Batang Pasaman.

BACA JUGA:Pernikahan Viral, Banjir-banjir Tetap Digas! Tamu Santai Menikmati Hidangan yang Disuguhkan

Dampak Sesar Semangko

Alam selalu memberikan dua sisi yang berbeda termasuk sesar. Di satu sisi sesar dengan cakupan yang luas sering diibaratkan sebagai monster yang sedang tidur.

Namun, di sisi lain, sesar meninggalkan jejak pesona alam yang bisa dinikmati Masyarakat yang bahkan tak jarang menjadi wisata alam tersendiri.

Akan tetapi, untuk diketahui, ada banyak dampak Sesar Semangko yang sudah dibahas para ahli, baik dari BMKG, perguruan tinggi hingga pelaku wisata.

BACA JUGA:Ini 2 Kriteria yang Diusulkan DPR untuk Pengguna BBM Subsidi Pertalite

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: