Iklan RBTV Dalam Berita

Persiapkan dari Sekarang, Ini 6 Tips Tepat Menabung untuk Dana Pensiun

Persiapkan dari Sekarang, Ini 6 Tips Tepat Menabung untuk Dana Pensiun

Tips Menabung untuk Pensiun --

- Pertama, menghindari utang konsumtif dan menjaga rasio utang sehat

Beban cicilan maksimal yang boleh ditanggung adalah 30% dari pendapatan rutin. Bila tanggungan cicilan kamu melebihi angka tersebut, itu berarti keuangan kamu kurang sehat.

Segera kurangi utang dan hindari mengambil utang konsumtif yang tidak mendesak seperti utang kartu kredit atau fasilitas paylater.

- Kedua, perkuat dana darurat

Amankan dana darurat minimal sebesar 6 kali nilai pengeluaran rutin bulanan. Kamu bisa menabung dana darurat dengan cara menyisihkan minimal 10% dari pendapatan rutin sampai nilai dana darurat memadai. 

BACA JUGA:Malu-maluin! WNI Magang di Jepang Ditangkap Polisi Gegara Lakukan Pelecehan, KJRI Buka Suara

- Ketiga, biasakan mencatat pengeluaran dan melakukan budgeting

Dengan mengetahui ke mana saja uang dipergunakan, kamu bisa melihat alokasi pos mana yang paling banyak menyedot pendapatan.

Selain itu kamu juga akan terbantu menyiapkan strategi tepat saat melakukan budgeting atau perencanaan anggaran rutin tiap bulan.

BACA JUGA:Catat! Ini 6 Strategi Tepat Mengelola Dana Darurat, Solusi Kebutuhan Cepat

6. Naikkan Target Pemasukan

Menyiapkan tabungan hari tua untuk keperluan masa pensiun membutuhkan alokasi anggaran yang memadai untuk diinvestasikan. 

Di usia produktif, tentu bukan hanya dana pensiun saja yang perlu disiapkan. Masih ada rencana keuangan dana pendidikan anak, dana liburan, dana pembelian rumah pertama dan kedua, dan lain sebagainya. 

Supaya pendapatan kamu memadai untuk ditabungkan ke semua pos rencana keuangan tersebut, jangan segan-segan untuk mencari pendapatan tambahan. 

Kamu juga bisa mencari side hustle yang bisa dijalankan di samping pekerjaan utama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: