Iklan RBTV Dalam Berita

Berapa Gaji dan Tunjangan Wapres Gibran Rakabuming Raka? Cek Besarannya di Sini

Berapa Gaji dan Tunjangan Wapres Gibran Rakabuming Raka? Cek Besarannya di Sini

Gaji dan Tunjangan Wapres --

Perjalanan Karir Sebelum Menjadi Wakil Presiden

Sebelum menempati posisi sebagai Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka merupakan Wali Kota Surakarta atau Solo pada periode 2021 hingga 2024.

Selama menjabat sebagai kepala daerah, Gibran fokus pada percepatan pemulihan ekonomi dan kesehatan di kota tersebut, terutama setelah dampak pandemi Covid-19.

Di bawah kepemimpinannya, Gibran sempat mengklaim bahwa pertumbuhan ekonomi di Solo berhasil meningkat hingga 6,25 persen.

Pada awal masa jabatannya, ekonomi Solo mengalami kontraksi atau minus sebesar 1,74 persen. Namun, Gibran mengaku bekerja keras bersama timnya untuk meningkatkan perekonomian daerah tersebut.

"Pertumbuhan ekonomi di Solo saat ini mencapai 6,25 persen. Ini termasuk yang tertinggi di Jawa, sementara rata-rata nasional hanya 5,3 persen. Kami sangat serius dalam menjalankan amanah yang diberikan," kata Gibran dalam sebuah wawancara pada April lalu.

BACA JUGA:Hari Ini Lengser dari Presiden, Segini Uang Pensiun Jokowi Tiap Bulannya!

Bisnis dan Jejak Karir Sebelum Menjadi Wali Kota

Jauh sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi Wali Kota Solo, Gibran dikenal sebagai seorang pengusaha.
Dia mendirikan beberapa bisnis kuliner yang cukup sukses di tanah air. Salah satu bisnis kuliner pertamanya adalah katering Chili Pari yang didirikan pada tahun 2010.

Kemudian, ia juga membuka usaha martabak dengan merek dagang Markobar pada tahun 2015. Selain itu, Gibran juga memiliki usaha kuliner berbahan dasar pasta bernama Pasta Buntel, dan bisnis rice bowl bernama Mangkok Ku.

Gibran juga sempat bekerja sama dengan adiknya, Kaesang Pangarep, di industri board game melalui bisnis bernama Hompipa Games.

Kemampuan bisnisnya ini menunjukkan sisi kewirausahaan yang kuat dari Gibran, selain karirnya di pemerintahan.

BACA JUGA:Titik Lokasi Operasi Zebra Agung 2024 di Denpasar, Tidak Pakai Helm SNI Bisa Kena Tilang

Kehidupan Pribadi

Gibran Rakabuming Raka lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987. Ia menempuh pendidikan dasar hingga menengah pertama di kota kelahirannya tersebut. Setelah itu, Gibran melanjutkan pendidikan di Orchid Park School di Singapura.

Ia sempat melanjutkan studinya di Universitas Teknologi Sydney, Australia, sebelum memutuskan kembali ke Singapura dan menyelesaikan pendidikannya di Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada tahun 2010.

Pada tahun 2015, Gibran menikah dengan Selvi Ananda, seorang mantan putri Solo. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua anak, yaitu Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: