Iklan RBTV Dalam Berita

Bansos PIP Mahasiswa Bakal Lanjut di 2025, Ini Cara Daftar dan Syarat yang Dibutuhkan

Bansos PIP Mahasiswa Bakal Lanjut di 2025, Ini Cara Daftar dan Syarat yang Dibutuhkan

Bansos PIP Mahasiswa --

BACA JUGA:Hari Ini Lengser dari Presiden, Segini Uang Pensiun Jokowi Tiap Bulannya!

6. Masuk ke laman KIP dengan menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses.

7. Selesaikan pendaftaran sesuai jalur seleksi (SNBP/SNBT/mandiri).

8. Teruntuk pendaftar yang telah diterima di perguruan tinggi, maka dapat dilakukan verifikasi lanjutan oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik (Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan) sebagai mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024.

9. Apabila tidak lolos seleksi perguruan tinggi, pendaftar dapat mencoba ikut seleksi perguruan tinggi lagi melalui jalur seleksi lainnya.

BACA JUGA:Cara Daftar Bansos BNPT 2025, Lewat Online Lebih Mudah, Cek Kriteria Penerimanya

Syarat KIP Kuliah

Masih dirangkum dari buku yang sama, ada dua syarat yang harus dipenuhi, yakni syarat penerima dan syarat ekonomi. Pertama, persyaratan penerima KIP Kuliah adalah:

1. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat dan lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus dua tahun sebelumnya.

2. Lulus seleksi masuk perguruan tinggi akademik atau perguruan tinggi vokasi, baik PTN ataupun PTS terakreditasi pada program studi yang juga terakreditasi.

3. Memiliki potensi akademik baik, tetapi terhalang keterbatasan ekonomi, berasal dari keluarga miskin, dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen sah.

BACA JUGA:Hari Ini Lengser dari Presiden, Segini Uang Pensiun Jokowi Tiap Bulannya!

Sementara itu, syarat ekonomi penerima KIP Kuliah adalah mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin. Hal ini dibuktikan dengan:

1. Pemegang KIP pendidikan menengah.

2. Berasal dari keluarga yang masuk dalam DTKS atau penerima bantuan sosial seperti PKH dan KKS.

3. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil 3 data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: