Iklan RBTV Dalam Berita

Sepekan Operasi Zebra Lodaya 2024, Ada 10 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Ditindak

Sepekan Operasi Zebra Lodaya 2024, Ada 10 Ribu Pelanggar Lalu Lintas Ditindak

Operasi Zebra Lodaya 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sepekan Operasi Zebra Lodaya 2024, ada 10 ribu pelanggar lalu lintas ditindak.

Operasi Zebra 2024 digelar secara serentak diseluruh wilayah di Indonesia. Operasi ini bertujuan untuk menegakkan kedisiplinan berlalu lintas dan meningkatkan kesadaran pengendara tentang pentingnya keselamatan di jalan.

BACA JUGA:Resmi dan Akurat, Ini Cara Cek Penerima PIP Kemdikbud Oktober 2024, Pastikan Nama Kamu Jadi Penerima

Adapun, Ditlantas Polda Jawa Barat (Jabar) mencatat, selama sepekan atau tujuh hari melaksanakan gelar Operasi Zebra Lodaya tercatat bahwa ada 10.000 pelanggar lalu lintas yang ditindak.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes. Pol. Jules Abraham Abast S.I.K. mengatakan, Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan raya. Penindakan pun dilakukan berdasarkan ETLE Mobile dan Tilang Manual.

“Penindakan mengalami penurunan, namun sebaliknya berdasarkan data teguran mengalami peningkatan,” jelasnya, Senin (21/10).

BACA JUGA:Kapan Pendaftaran PPPK Tahap 2 Dibuka? Berikut Jadwal Lengkap dan Kriteria Pelamar

Mayoritas Pelanggaran

Dijelaskannya juga jika mayoritas pelanggaran terkait penggunaan helm dan kelengkapan kendaraan. Namun, tidak disebutkan mayoritas pelanggaran kendaraan roda empat.

“Jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, di mana pada tahun 2023 sebanyak 169 kejadian dan 2024 sebanyak 68 kejadian (selisih -101 kejadian),” ujarnya.

Tak hanya itu, Jules juga mengatakan jika Polda Jabar akan berkomitmen untuk terus memberikan edukasi dan peningkatan kesadaran masyarakat dalam berkendara.

Baik itu lewat penegakkan hukum, serta kegiatan sosialisasi dan penyuluhan di berbagai titik strategis, sesuai dengan tujuan dari digelarnya Operasi Zebra Lodaya 2024.

"Ditlantas Polda Jabar akan terus berkolaborasi dengan instansi terkait untuk mengoptimalkan keselamatan lalu lintas dan meminimalisir kecelakaan di jalan raya," katanya

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu, Ini Alasan Kenapa Diberi Nama Operasi Zebra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: