Iklan dempo dalam berita

Tidak Miliki Tim Ahli Cagar Budaya, Begini Nasib Situs Cagar Budaya di Bengkulu Tengah

Tidak Miliki Tim Ahli Cagar Budaya, Begini Nasib Situs Cagar Budaya di Bengkulu Tengah

Tidak Miliki Tim Ahli Cagar Budaya, Begini Nasib Situs Cagar Budaya di Bengkulu Tengah--

BENGKULU TENGAH, RBTVCAMKOHA.COM - Pemerintah Bengkulu Tengah hingga saat ini belum memiliki TABC, atau Tim Ahli Cagar Budaya, sebagai salah satu syarat penetapan benda atau bangunan bernilai sejarah.

 

BACA JUGA:Sayang Sekali, Makam Puteri Gading Cempaka Belum Masuk Cagar Budaya

 

Sampai saat ini belum ada penetapan sebagai situs cagar budaya, mulai dari tingkat terendah hingga paling tinggi.

 

Sementara itu Tim Ahli Cagar Budaya biasanya berisikan berbagai kalangan, mulai dari pemerintahan, akademiki dan pakar budaya. 

 

BACA JUGA:Ada Auning Kuliner Baru, tapi kok Dibangun Dilahan Cagar Budaya?

 

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Adang Parlindungan, membenarkan belum adanya Tim Ahli Cagar Budaya di Bengkulu Tengah.

 

Dalam waktu dekat pihaknya akan menyurati Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bengkulu Tengah, agar membentuk Tim Ahli Cagar Budaya.

 

“ya kita akan segera menyurati Pemkab Bengkulu Tengah, khususnya Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bengkulu Tengah, untuk segara membentuk Tim Ahli Cagar Budaya. Sehingga status benda atau bangunan bernilai sejarah jelas,” ungkap Adang.

 

BACA JUGA:Keluarga Sepakat Berdamai, Adinda Putri Akhirnya Dinikahkan

 

Tim ahli cagar budaya inilah yang akan memverifikasi, meneliti dan menetapkan benda atau bangunan, apakah layak dan patut ditetapkan sebagai situs cagar budaya.

 

Penetapan situs cagar budaya pun dilakukan empat tahap tingkatan, yakni tingkat terbawah masuk dalam objek diduga cagar budaya, cagar budaya tingkat kota atau kabupaten, cagar budaya tingkat provinsi, dan cagar budaya tingkat nasional seperti Rumah Bung Karno dan Benteng Marlborough.

 

BACA JUGA:Berusaha Kabur, Bandit Curanmor Dihadiahi Timah Panas

 

Harri sutriansyah 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: