Iklan RBTV Dalam Berita

Bolehkan Uang Kas Masjid untuk Biaya Mubaligh? Ini Penjelasan Habib Hasan

Bolehkan Uang Kas Masjid untuk Biaya Mubaligh? Ini Penjelasan Habib Hasan

Habib Hasan bin Ismail Al Muhdhor--

5. Terhindar dari Marabahaya

 

Manfaat sedekah ke masjid yang kelima adalah agar terhindar dari marabahaya. Marabahaya ini pun bermacam, bisa berupa musibah bencana atau kecelakaan maupun kejahatan yang disebabkan orang lain.

Rasulullah SAW pernah bersabda yang berarti, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda yang diartikan sebagai: “Sedekah itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

 

BACA JUGA:Pemuda Ini menggendong Ibunya dari Yaman untuk Menunaikan Ibadah Haji, Sungguh Kisah yang Sarat Nilai

6. Melipatgandakan Rezeki

 

Manfaat sedekah ke masjid yang keenam adalah sebagai cara melipatgandakan rezeki. Allah SWT memberi janji kepada orang yang bersedekah akan diganti rezeki berkali-kali lipat dari yang diberikan. Hal ini tertera dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 245 yang artinya:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”

Hal yang serupa juga disebutkan kembali dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 261, yang artinya:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Namun keutamaan bersedekah adalah menjalani hidup yang sederhana dan mendahulukan kehidupan akhirat. Karena itu, jangan sampai tujuan bersedekah melenceng jadi semata hanya untuk mengharap balasan berkali lipat.

Sebab rezeki bisa beragam bentuknya, tidak selalu berupa materi, namun juga kesehatan, umur panjang, atau terhindar dari marabahaya seperti disebutkan diatas. Hal ini bisa memunculkan sifat rakus dan sombong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: