Cara Cek Sertifikat Tanah Asli atau Palsu Via Online, Mudah! Tak Perlu Lagi Repot datang ke Kantor BPN

Kamis 18-07-2024,06:55 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

Setelah semua informasi diisi, BPN akan menampilkan data sertifikat tanah dan kepemilikannya. Anda  bisa melihat apakah sertifikat tersebut asli atau tidak.

Dengan kedua metode ini, Anda  dapat memastikan keaslian sertifikat tanah dengan mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah. Ini sangat membantu, terutama bagi Anda  yang sibuk dan tak punya banyak waktu luang.

Pentingnya Memiliki Sertifikat Tanah yang Asli

Memiliki sertifikat tanah yang asli sangat penting karena beberapa alasan berikut

- Kepastian Hukum

Sertifikat tanah memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah atau properti. Ini melindungi Anda  dari sengketa kepemilikan di masa depan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Laptop Harga Rp2 Jutaan Cocok untuk Sekolah, Tak Perlu Nguras Tabungan

- Jaminan Keuangan

Sertifikat tanah dapat digunakan sebagai jaminan ke lembaga keuangan resmi. Ini memudahkan Anda  dalam mendapatkan pinjaman atau kredit.

- Peralihan Hak

Proses peralihan hak atas tanah menjadi lebih mudah dan legal jika tanah tersebut memiliki sertifikat yang sah. Ini penting jika Anda  ingin menjual atau menghibahkan tanah tersebut.

- Nilai Tambah

Properti dengan sertifikat tanah yang sah memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Ini memperkuat posisi tawar-menawar Anda  dalam transaksi jual beli tanah.

BACA JUGA:Modal Terjangkau! Begini Cara Bisnis Rongsokan Botol Plastik, Pasti Untung

Jadi, selalu pastikan untuk memeriksa keaslian sertifikat tanah sebelum melakukan transaksi apapun. Dengan begitu, Anda  bisa terhindar dari kerugian dan masalah hukum di kemudian hari.

Itulah cara cek sertifikat tanah secara online melalui aplikasi Sentuh Tanahku dan situs resmi ATR/BPN. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda  dalam menjaga keamanan dan legalitas properti yang dimiliki.

Kategori :