Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan antara KIS dan BPJS Kesehatan

Sabtu 20-07-2024,11:02 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

3. Perbedaan di segi manfaat

Perbedaan KIS dan BPJS juga hadir dari segi manfaatnya. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai sebuah layanan kesehatan yang dijamin oleh pemerintah, pemegang kartu BPJS Kesehatan hanya bisa digunakan saat peserta jaminan memang membutuhkan penangan medis atau benar-benar dalam keadaan sakit. 

Sedangkan perbedaan KIS dan BPJS dari sisi Kartu Indonesia Sehat adalah bisa digunakan tidak hanya sebagai kartu akses pengobatan saja. Pemegang manfaat KIS juga bisa menggunakan kartu jaminannya sebagai langkah pencegahan.

BACA JUGA:Review Spesifikasi Huawei MatePad SE 11, Tablet Keren Terbaru 2024 Dibanderol Mulai dari Rp 2 Jutaan Doang!

Manfaat KIS dan BPJS

Setelah memahami perbedaan KIS dan BPJS secara mendasar, alangkah baiknya juga jika Anda dapat mengetahui tentang manfaat apa saja yang ditawarkan oleh program jaminan kesehatan dari Pemerintah Republik Indonesia ini.

1. Proteksi kesehatan seumur hidup

Meskipun perbedaan KIS dan BPJS terkesan signifikan, keduanya sama-sama berperan dalam menghadirkan proteksi kesehatan yang baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Baik Anda pemegang kartu BPJS Kesehatan atau Anda mengenal pihak yang memiliki Kartu Indonesia Sehat, keduanya sama-sama akan memberikan proteksi kesehatan seumur hidup. 

Proteksi seumur hidup yang ditawarkan oleh pemerintah melalui program JKN yang menaungi perbedaan KIS dan BPJS ini akan memberikan rasa aman bagi Anda dan keluarga.

Yang mana Nada dan keluarga merupakan peserta dan masyarakat Indonesia yang sedang membutuhkan akses atau pertolongan kesehatan di saat-saat genting dan mendadak.

BACA JUGA:Inilah 3 Cara Cek Status BPJS Kesehatan, Praktis Tanpa Perlu Datang ke Kantor Layanan

2. Program JKN Menanggung Hampir Semua Jenis Penyakit

Demi memberikan proteksi secara menyeluruh, tidak ada perbedaan KIS dan BPJS terkait penangan penyakit yang diderita oleh pemilik kartunya. 

Baik KIS maupun BPJS diklaim mampu memberikan proteksi jaminan kesehatan yang dapat menanggung hampir seluruh jenis penyakit. 

Informasi tersebut tentu akan memberi rasa lega bagi Anda sebagai masyarakat Indonesia yang saat ini dilanda rasa khawatir terkait berkembangnya virus Corona di lingkungan Anda. 

Kategori :