Bank Bengkulu Siapkan Rp300 M untuk Pinjaman Anggota DPRD, Berapa Limit Pinjamannya

Selasa 27-08-2024,19:04 WIB
Reporter : Dian Maya Erika
Editor : Agus Faizar

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM - Bank Bengkulu siapkan Rp300M untuk pinjaman anggota DPRD, berapa limit pinjamannya.

Program kredit yang disediakan di Bank Bengkulu, salah satunya berupa pengajuan kredit bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi kabupaten-kota.

Saat ini anggota dewan di beberapa kabupaten dan kota sudah dilantik, hanya menyisakan anggota DPRD Bengkulu Utara,Kaur, Bengkulu Selatan, Bengkulu Tengah dan provinsi yang menyusul dalam waktu dekat akan dilantik. 

BACA JUGA:Viral, Kaesang dan Erina Turun dari Jet Pribadi Bawa Belanjaan Tanpa Pemeriksaan, Bea Cukai Angkat Bicara

Wakil Divisi Konsumer Bank Bengkulu, Muzer menyampaikan, sudah beberapa dewan yang ditawarkan untuk memanfaatkan program ini.

Jika berkaca pada tahun sebelumnya, hampir  90 persen anggota dewan di Bengkulu yang mengajukan kredit. 

BACA JUGA:Gunakan Caping dan Setir Mobil Hardtop, Gusnan Mulyadi-Ii Sumirat Daftar ke KPU Bengkulu Selatan

Maka untuk memenuhi permintaan tersebut, Bank Bengkulu telah mengalokasikan anggaran mencapai Rp300 Miliar, sehingga diklaim mampu mengcover anggota dewan di Bengkulu dan kemungkinan bisa saja ada penambahanan alokasi anggaran. 

"Alokasi anggarannya telah kita siapkan jauh-jauh hari, terkhusus untuk angota dewan masa jabatan 2024 sampai 2029 sebesar Rp300 miliar, yang apabila dihitung telah mengcover angota dewan di tingkat provinsi kabupaten kota. Dan ya kita tidak menutup kemungkinan bisa saja alokasi anggarannya dapat bertambah,” ujarnya.

BACA JUGA:CPNS 2024, Kemenkop UKM Buka 139 Formasi, Ini Daftar Tukin per Jabatan dan Syarat Pendaftarannya 

Untuk persyaratannya, Muzer pun menyampaikan jika cukup dengan menggunakan SK Pengangkatan, anggota dewan dapat mengajukan kredit pinjaman maksimal Rp1,5 miliar untuk ketua dan anggota Rp1,3 miliar, dengan maksimal potongan sebesar 80 persen dari gaji yang diterima dengan jangka waktu selama 5 tahun. 

BACA JUGA:Kemenkeu Buka 1.230 Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA/SMK Hingga S1, Simak Kisaran Gajinya

Sedangkan suku bunga kredit juga berbeda, jika 5 tahun lalu sebesar 1,1 persen per bulan, kini untuk anggota dewan masa jabatan 2024 sampai 2029 suku bunganya lebih kecil hanya 0,8 persen. 

“Kalo untuk pengajuan kredit memang ada perbedaan ya, namun kita masih melihat dari besasaran gaji juga. Misalnya ketua dengan maksimal pinjaman yang diberikan bisa Rp1,5 miliar atau 80 persen. Serta perbedaannya dari 5 tahun sebelumnya suku bunganya lebih kompetitif sebesar 0,8 persen perbulan,” kata Wakil Divisi Konsumer Bank Bengkulu, Muzer (27/8). 

Kategori :