Inilah 9 Manfaat Susu yang Mengandung Minyak Ikan, Baik untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Selasa 10-09-2024,11:38 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Fitriani

Minyak ikan dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan trigliserida (lemak dalam darah). Tekanan darah yang tinggi dan kadar trigliserida yang tinggi dapat melemahkan fungsi jantung. Dengan begitu, asupan minyak ikan dapat menjaga kesehatan jantung anak sedari dini.

Tips Memilih Susu Tinggi Minyak Ikan untuk Anak Balita

Saat memilih susu tinggi minyak ikan untuk anak balita, berikut ini beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan:

1. Sesuaikan dengan Usia Anak

Susu pertumbuhan tersedia dalam berbagai pilihan usia, mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Ibu sebaiknya memilih susu yang sesuai usia si Kecil, karena kebutuhan nutrisi anak berbeda-beda di setiap tahap perkembangannya. 

Susu pertumbuhan biasanya dilabeli sesuai dengan usia anak, seperti "untuk usia 1-3 tahun" atau "untuk usia 4-6 tahun".

2. Cek Kandungan Omega-3

Perhatikan kadar DHA dan EPA dalam susu tinggi minyak ikan yang Ibu pilih. Semakin tinggi kandungannya, maka akan semakin banyak nutrisi yang diserap si Kecil.

Sebagai pilihannya, Ibu bisa memberikan si Kecil susu pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang memiliki kandungan DHA sekitar 16 mg. Sesuaikan dengan dosis harian yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan ya, Bu.

3. Perhatikan Komposisi Susu

Perhatikan juga kandungan protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin di dalam susu tinggi minyak ikan seimbang dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil.

Selain itu, Ibu juga perlu memastikan susu tinggi minyak ikan yang Ibu pilih bebas dari kandungan gula, pengawet, dan pewarna buatan.

BACA JUGA:Kronologi Kecelakaan Pesawat Trigana Air, Tergelincir di Bandara Yapen, Begini Nasib 42 Penumpang

4. Cek Label Kemasan

Sebelum membeli susu pertumbuhan, Ibu perlu mengecek label kemasan dengan seksama. Pastikan susu pertumbuhan tersebut memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Perhatikan juga cara penyajian dan tanggal kedaluwarsanya ya, Bu.

5. Pilih Rasa yang Disukai si Kecil

Kategori :