Berencana Renovasi Rumah Subsidi? Ini 7 Aturan yang Berlaku di Tahun 2024

Jumat 11-10-2024,21:38 WIB
Reporter : Septi Fitriani
Editor : Septi Fitriani

Apakah rumah subsidi bisa ditingkatkan menjadi dua lantai? Jawabannya boleh, asal kredit rumah tersebut sudah berjalan selama 5 tahun.

Kebutuhan merombak hunian menjadi rumah tingkat biasanya terjadi apabila jumlah anggota keluarga bertambah. 

BACA JUGA:Bingung, Kenapa QR Code BBM Subsidi Sering Ditolak? Ini Penyebabnya

Karena itu, jika tujuanmu menambah lantai bangunan untuk membuat sebuah kamar baru, maka hal tersebut sah-sah saja. Atau, kamu juga bisa mengakalinya dengan menambah lantai mezzanine pada rumah.

Namun, pertama-tama dibutuhkan desain plafon rumah dengan tinggi yang cukup, agar ketinggian lantai mezzanine terlihat pas dan tidak menghabiskan banyak ruang.

6. Dilarang Mengubah Rumah jadi Properti Komersial

Peraturan renovasi rumah subsidi memang dibuat cukup ketat. Hal ini dimaksudkan agar program tersebut tepat sasaran dan tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurut peraturan, rumah subsidi hanya boleh difungsikan sebagai tempat tinggal saja. Dengan kata lain, rumah tersebut tidak boleh dialihfungsikan menjadi properti komersial dan kebutuhan usaha lainnya.

Jika ingin menjual atau menyewakan rumah, kamu harus menunggu hingga kredit mencapai 5 tahun. Begitu pula dengan over kredit rumah subsidi, kegiatan tersebut hanya boleh dilakukan setelah jangka waktu cicilan memenuhi syarat.

BACA JUGA:Diwarnai Aksi Kejar-kejaran, Polisi Bekuk Pelaku Pencuri Ban Serep di Tol

7. Cicilan Rumah Harus Berjalan Lancar

Terakhir, syarat yang harus dipenuhi sebelum renovasi rumah subsidi adalah cicilan rumah tersebut harus berjalan lancar.

Kamu enggak boleh merenovasi rumah jika cicilan kredit saja tersendat. Nantinya, bank akan meminta pertanggung jawabanmu dan mengenakan sanksi atas keterlambatan cicilan tersebut.

Selain itu, pengembang juga akan melarang renovasi jika urusanmu dengan pihak bank tidak lancar.

Bila melihat penjabaran di atas, dapat dipastikan bahwa renovasi rumah subsidi di bawah 5 tahun hanya boleh dilakukan untuk aktivitas perbaikan bangunan rumah. Jika dilakukan lebih dari itu, maka akan ada konsekuensinya.

BACA JUGA:Marak Kasus Perselingkuhan, Ini 5 Faktor Penyebab Perselingkuhan yang Perlu Diketahui

Konsekuensi Melanggar Peraturan

Kategori :