Nasib Bobby yang Dulu Tinggal di Jalanan, Sekarang Masuk Istana Bersama Presiden Prabowo Subianto

Senin 21-10-2024,15:12 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

- Terbebas dari rasa sakit dan penyakit 

Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk bisa menyediakan seluruh kebutuhan tersebut. 

BACA JUGA:8 Pria Pemilik Istri Terbanyak Di Indonesia, Ada yang 94 Kali Menikah

2. Tidak keberatan untuk melakukan perawatan yang dibutuhkan oleh kucing

Bukan sebuah kabar baru jika kucing rescue sering kali berada dalam kondisi yang tidak baik. Kucing yang diambil dari jalanan biasanya mengalami infestasi berbagai parasit, seperti cacing, ektoparasit, hingga terkena jamur, atau bahkan sakit yang lainnya.
SPCA of Northern Virginia melansir, begitu memutuskan untuk mengambil kucing jalanan, kamu harus segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapat pemeriksaan awal. 

Dengan begitu kamu tahu apakah kucing tersebut dalam kondisi sehat atau sakit. Mengambil kucing untuk rescue artinya kamu bertanggung jawab untuk merawat kucing tersebut hingga kondisinya jauh lebih baik dibandingkan saat kucing masih hidup di jalanan. 
Mungkin diperlukan waktu yang lama agar kucing benar-benar bebas dari parasit atau patogen lain. Tentunya kamu butuh meluangkan tenaga dan kesabaran ekstra. 

BACA JUGA:8 Pria yang Punya Istri Terbanyak di Dunia, 3 Diantaranya Berasal dari Indonesia                               

3. Punya fasilitas penampungan kucing yang memadai

Rescue kucing artinya memindahkan hewan tersebut dari jalanan atau tempat yang tidak aman ke tempat milik kita, entah itu rumah atau bangunan khusus. Tentu saja niatnya adalah untuk menyelamatkan kucing dari kondisi yang tidak menguntungkan.
Namun, sebelum niat rescue kamu jalankan, pastikan tempat yang kamu sediakan itu layak, baik dari segi keamanan hingga kenyamanan. Dilansir PDSA, multi-cat home adalah salah satu penyebab stres yang sering dijumpai pada kucing. 
Jangan sampai mereka justru menderita karena tinggal dengan banyak kucing atau hewan jenis lain yang dianggap musuh bainya.

BACA JUGA:Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran, Ketua Umum IKA UPI Anggap Kementerian Pendidikan Lebih Menjanjikan

4. Memastikan kucing tidak mendapat masalah barui

Terlalu banyak menampung kucing rescue tentunya bukan perkara mudah. Masalah akan semakin tampak saat kucing-kucing tersebut ditempatkan di rumah atau satu ruangan sekaligus.
Dilansir PDSA, salah satu penyebab stres pada kucing adalah populasi yang terlalu padat, padahal kucing merupakan hewan yang sangat teritorial. 

Akibatnya, kucing jadi tidak merasa aman dan nyaman, sehingga akan sering berkelahi, bahkan berdampak pada kondisi kesehatan.
Kucing juga bisa berpotensi keluar rumah dan mengganggu tetangga, sehingga muncul konflik yang sebenarnya bisa dihindari. Tetaplah bijaksana dan pikirkan baik-baik sebelum memutuskan rescue.

BACA JUGA:Operasi Zebra 2024 Masih 6 Hari Lagi, Ini 5 Lokasi Razia Operasi Zebra 2024 di Jakarta Timur

5. Siap membawa ke dokter hewan jika sewaktu-waktu kucing menderita sakit

Cats Protection melansir, salah satu hak dasar seekor kucing adalah mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat agar terbebas dari rasa sakit, luka, dan penyakit. 
Memberikan fasilitas tersebut merupakan kewajibanmu sebagai orang yang memutuskan untuk melakukan rescue. Pastikan kamu sanggup membawa kucing ke dokter hewan bila menderita sakit.

Kategori :