Iklan dempo dalam berita

Runtuhnya Kerajaan Singasari, Cikal Bakal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Runtuhnya Kerajaan Singasari, Cikal Bakal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah berdirinya kerajaan majapahit--

Singasari yang sebenarnya merupakan nama ibu kota, namun justru lebih terkenal ketimbang nama kerajaannya yakni Tumapel. Pada akhirnya, orang terbiasa menyebut Kerajaan Tumapel dengan nama Kerajaan Singasari.

 

Penyebab Keruntuhan Kerajaan Singasari Kertanegara adalah raja yang membawa Singasari ke masa keemasan sekaligus menutup riwayat kerajaan ini. 

 

BACA JUGA:Bisa Coba Diamalkan, Ternyata Ini 5 Rahasia Orang Jawa Kuno Menjadi Sakti Mandraguna

Penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari adalah tewasnya Raja Kertanegara dalam peristiwa pemberontakan Jayakatwang pada 1292. 

 

Jayakatwang menjabat Bupati Gelanggelang (kini wilayah Madiun) yang merupakan bagian dari Kadiri (Kediri). Kadiri saat itu termasuk daerah taklukan Kerajaan Singasari di bawah pimpinan Kertanegara. 

 

Raka Revolta dalam Konflik Berdarah di Tanah Jawa (2008) menguraikan bahwa antara Jayakatwang dan Kertanegara masih berkerabat. Selain itu, menurut Prasasti Kudadu, putra Jayakatwang yang bernama Ardharaja menikah dengan salah satu putri Kertanegara. Dengan demikian, selain masih terjalin tali kekerabatan, Jayakatwang dan Kertanegara adalah besan.

 

BACA JUGA:Temui JCH Bengkulu di BIM, Gubernur Rohidin Doakan Jadi Haji Mabrur

Berdasarkan catatan Pararaton, Jayakatwang menyimpan dendam masa lalu terhadap leluhur Kertanegara. Jayakatwang adalah keturunan dari Kertajaya yang pernah dikalahkan raja pendiri Singasari, Ken Arok. Keputusan Jayakatwang memberontak terhadap Kertanegara merupakan hasil hasutan Aria Wiraraja. 

 

Dikutip dari Slamet Muljana dalam Menuju Puncak Kemegahan (1965), Wiraraja diduga kuat sebagai aktor intelektual terjadinya pemberontakan yang mengakhiri sejarah Kerajaan Singasari tersebut. Aria Wiraraja sebenarnya mantan pejabat tinggi di Kerajaan Singasari. Namun, oleh Kertanegara ia dimutasi ke Sumenep, Madura, lantaran sering menentang kebijakan raja. Maka, tak heran jika Aria Wiraraja juga menyimpan kekesalan terhadap Kertanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: