Iklan dempo dalam berita

Runtuhnya Kerajaan Singasari, Cikal Bakal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Runtuhnya Kerajaan Singasari, Cikal Bakal Berdirinya Kerajaan Majapahit

Sejarah berdirinya kerajaan majapahit--

BACA JUGA:Menguasai Harta, Tahta dan Wanita, 7 Weton Ini Merupakan Titisan Sakti Prabu Siliwangi

Menurut Pustaka Rajya Rajya i Bhumi Nusantara (1989), nama asli Raden Wijaya adalah Sang Nararya Sanggramawijaya yang merupakan pangeran dari Kerajaan Sunda Galuh sekaligus cicit Ken Arok. 

 

Raden Wijaya memang berhasil mengalahkan pasukan Jaran Guyang. Namun, Jaran Guyang ternyata hanya pasukan kecil yang dikirim sebagai pengalihan agar pertahanan di ibu kota Singasari tempat Raja Kertanegara bersemayam kosong. 

 

Jayakatwang segera mengirimkan pasukan yang jauh lebih besar ke Singasari. Lantaran sebagian besar kekuatan militer Singasari yang dipimpin Raden Wijaya belum kembali, pasukan Jayakatwang berhasil menduduki istana, bahkan Raja Kertanegara terbunuh dalam insiden itu. 

 

Wafatnya Kertanegara berarti tamat pula riwayat Kerajaan Singasari. Jayakatwang kemudian menjadi raja di Kadiri yang sebelumnya berada di bawah kekuasaan Singasari, namun itu bertahan tidak terlalu lama. 

 

BACA JUGA:Jika Bermimpi Berikut Ini Katanya Kamu akan Mendapat Rezeki

Kekuasaan Jayanegara pada akhirnya dirubuhkan oleh Raden Wijaya berkat strategi yang jitu. Raden Wijaya, menantu Raja Kertanegara, kemudian mendeklarasikan berdirinya Kerajaan Majapahit di Mojokerto pada 1293 sebagai penerus Kerajaan Singasari.

 

Latar belakang Pemberontakan Jayakatwang Pada 1222, Raja Kertajaya dari Kediri dapat dikalahkan oleh Ken Arok, penguasa Tumapel, dalam Perang Ganter. 

Setelah itu, Ken Arok mendirikan Kerajaan Tumapel, yang pada akhirnya dikenal sebagai Kerajaan Singasari. Sedangkan Kediri tidak dihancurkan dan diperintah oleh keturunan Raja Kertajaya yang mengakui kepemimpinan Singasari. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: