Iklan dempo dalam berita

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi prambanan dan kisah roro jonggrang--

Museum ini terletak di sisi utara Candi Prambanan, antara Candi Prambanan dan Candi Lumbung. Museum ini dibangun dengan arsitektur tradisional Jawa, berupa rumah joging. 

 

Koleksi yang disimpan di museum ini adalah berbagai jenis batu candi dan berbagai arca yang ditemukan di sekitar kompleks candi Prambanan; misalnya patung sapi Nandi, Resi Agastya, Siwa, Wisnu, Garuda dan patung Durga Mahisasuramardini termasuk  batu Siwa Lingga  sebagai simbol kesuburan

.

Replika timbunan emas  Wonoboyo yang terkenal  berupa mangkok, sendok, tas, perhiasan perak dan emas berukir Ramayana juga dipajang di museum ini. Temuan asli Wonoboyo  kini disimpan di Museum Nasional Indonesia di Jakarta. 

 

Replika model arsitektur beberapa candi seperti Prambanan, Borobudur dan Plaosan juga dipajang di museum ini. Pengunjung Taman Purbakala Prambanan dapat memasuki museum ini  secara gratis  karena tiket masuk taman  sudah termasuk museum. Pertunjukan audio visual di Candi Prambanan juga ditampilkan di sini.

 

Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai sejarah Candi Prambanan. Pembahasan kali ini tidak hanya membahas sejarah terbentuknya Candi Prambanan saja tapi juga membahas mengenai sejarah nama dari Candi Prambanan tersebut, Serta sejarah mengenai penemuan kembali sisa-sisa reruntuhan Candi Prambanan dan proses perbaikannya kembali, dan mengetahui mengenai Museum Candi Prambanan.

 

Memahami sejarah dari Candi Prambanan menjadikan kita untuk menambah wawasan baru mengenai latar sejarah dunia mengenai situs kuno berupa Candi Prambanan yang menjadi situs dunia yang harus kita jaga dan mengetahui perkembangannya yang jarang kita ketahui sebagai orang awam. Dan menjadikan kita untuk turut andil dalam menjaga kelestariannya karena kita juga merupakan bagian dari sejarah yang sedang berlangsung.

 

(Tim Liputan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: