Iklan RBTV Dalam Berita

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi prambanan dan kisah roro jonggrang--

 

Pada tahun 1926  De Haan berlanjut hingga akhir hayatnya pada tahun 1930. Pada tahun 1931 ia digantikan oleh Ir. V.R. van Romondt sampai tahun 1926, kemudian diberikan tugas mengarahkan rehabilitasi kepada putra Indonesia dan ini berlanjut sampai tahun 1993.

 

Upaya restorasi berlanjut hingga hari ini. Pemugaran Candi Siwa, candi utama kompleks, selesai pada tahun 1953 dan diresmikan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno. 

 

Beberapa bagian candi telah dipugar, menggunakan batu baru, karena banyak batu asli  dicuri atau digunakan kembali di tempat lain. 

 

Sebuah kuil hanya akan dipugar jika setidaknya 75 biksu asli masih ada di sana. Akibatnya, banyak pagoda kecil yang belum dibangun kembali dan hanya terlihat struktur utama bangunannya saja.

 

Sekarang candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia  UNESCO, status ini diakui oleh UNESCO pada tahun 1991. Beberapa bagian dari candi Prambanan saat ini sedang dipugar untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh gempa Yogyakarta 2006. Gempa ini  merusak beberapa bangunan dan patung.

 

Museum Candi Prambanan

Di dalam Kompleks Taman Purbakala Candi Prambanan terdapat  museum yang menyimpan berbagai temuan artefak sejarah kuno. 

 

BACA JUGA:Terjerat Pinjol Ilegal dan Diteror Debt Collector? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: