Iklan RBTV Dalam Berita

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi Prambanan dan Legenda Roro Jonggrang

Candi prambanan dan kisah roro jonggrang--

 

Kompleks konstruksi ini secara berkala disempurnakan oleh raja-raja Medang Mataram berikutnya seperti Sri Maharaja Dyah Daksa dan Sri Maharaja Dyah Tulodong, dan diperluas dengan pembangunan ratusan candi lainnya di sekitar candi induk. 

 

Karena keindahan candi ini, candi Prambanan adalah candi agung Kerajaan Mataram, banyak upacara penting kerajaan berlangsung. 

 

Pada masa  kejayaannya, para sejarawan menduga bahwa ratusan Brahmana dan pengikutnya berkumpul dan tinggal di halaman luar candi ini untuk mempelajari  Weda dan berlatih meditasi, melakukan berbagai ritual dan upacara Hindu. 

 

Sedangkan Royal Center atau Keraton Mataram akan berlokasi di suatu tempat  dekat Prambanan di Dataran Kewu.

 

Sekitar tahun 930 M, ibu kota kerajaan dipindahkan ke Jawa Timur oleh Sri Maharaja Mpu Sindok, seorang pengikut Dinasti Isyana. Penyebab pergeseran pusat kekuasaan ini masih belum diketahui secara pasti. 

 

Namun, kemungkinan besar disebabkan oleh letusan dahsyat Gunung Merapi, sekitar 20 kilometer sebelah utara candi Prambanan. Penyebab lain yang mungkin adalah perang dan perebutan kekuasaan. 

 

Setelah pindah ibu kota, candi Prambanan mulai terbengkalai dan tidak diperbaiki, sehingga perlahan candi ini mulai runtuh dan mengalami kerusakan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: