Iklan dempo dalam berita

Terbaru 2023, Ini Rincian Biaya Pecah Sertifikat Tanah, Cek Juga Persyaratannya

Terbaru 2023, Ini Rincian Biaya Pecah Sertifikat Tanah, Cek Juga Persyaratannya

Terbaru 2023, Ini Rincian Biaya Pecah Sertifikat Tanah, Cek Juga Persyaratannya --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Biaya pecah sertifikat tanah umumnya dikeluarkan saat seseorang yang mau menjual sebagian tanah kavlingnya. Pecah sertifikat merupakan istilah yang banyak digunakan untuk proses pembagian tanah. Hal tersebut digunakan juga dalam proses pembagian warisan yang berupa tanah.

Proses pemecahan sertifikat dapat dilakukan melalui notaris/PPAT atau Anda datang sendiri ke BPN. Jika menggunakan notaris, perlu menyiapkan dana tambahan diluar biaya pecah sertifikat untuk membayar jasa.

BACA JUGA:Mau Pecah Sertifikat Tanah Warisan? Ini Cara, Biaya dan Ketentuannya

Apabila memiliki waktu senggang, bisa mengurusnya sendiri dengan datang ke kantor BPN wilayah setempat. Perlu menyiapkan dokumen serta biaya yang diperlukan. Tentunya juga harus memahami prosedur dan persyaratan yang telah ditentukan. 

Berikut beberapa poin yang akan diulas pada artikel ini:

Biaya pecah sertifikat adalah anggaran yang harus dikeluarkan saat mengurus sertifikat tanah. Biaya tersebut yaitu, pengukuran, pendaftaran, pemeriksaan tanah, TKA (Transportasi, Konsumsi, dan Akomodasi), dan BPHTB.

BACA JUGA:Hasilkan Saldo DANA Melalui Aplikasi InboxDollar, Pendaftar Baru Dapat Bonus 5 Dollar

Pecah sertifikat sendiri diatur berdasarkan PP No 13 Tahun 2010 tentang jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku di BPN. Komponen biaya yang harus dikeluarkan tentunya berbeda-beda bergantung pada luas tanah dan harga jual.

Mengurus dokumen sertifikat kepemilikan atas suatu aset merupakan hal yang sangat penting sebagai bukti legalitas. Begitupun dengan mengurus pecah sertifikat tanah, dimana terdapat tanah induk yang juga dimiliki oleh pihak lain. 

BACA JUGA:Terbaru, Ini Cara Membuat Sertifikat Tanah Juni 2023

Berikut ini beberapa alasan pentingnya memiliki sertifikat pecah tanah:

 

• Memberikan kepastian secara hukum terhadap tanah. Sertifikat berperan sebagai tanda bahwa Anda memiliki hak atas pecahan tanah dari tanah induk secara fisik dan yuridis.

• Sertifikat pecah tanah tersebut dapat menentukan nilai jual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: