Iklan dempo dalam berita

Jemaah Haji Bengkulu Laksanakan Tawaf Wada, Jumat Pagi Bergerak ke Madinah

Jemaah Haji Bengkulu Laksanakan Tawaf Wada, Jumat Pagi Bergerak ke Madinah

Jemaah Haji Bengkulu Laksanakan Tawaf Wada, Jumat Pagi Bergerak ke Madinah--

ARAB SAUDI, RBTVCAMKOHA.COM - Jemaah haji Bengkulu Rabu pagi (12/7) melaksanakan tawaf wada, yakni tawaf perpisahaan di kota Mekkah. 

BACA JUGA:Dugaan Korupsi Dana KUR, Kejati Bengkulu Tahan Satu Tersangka

Tawaf wada ini juga menjadi ibadah terakhir dari rangkaian ibadah haji tahun 2023. Laporan dari Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI) Fahrurrazi, tawaf dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kondisi jemaah. 

Sedangkan jemaah yang meninggal dunia, dilakukan secara badal oleh panitia, dan sertifikat badal haji juga sudah disimpan petugas. 

BACA JUGA:Ribuan Bibit Disiapkan untuk Kelompok Wanita Tani di Bengkulu Selatan

“Telah melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan untuk jemaah haji, khususnya jemaah haji yang berkebutuhan khusus yaitu dengan menggunakan kursi roda dan lansia insyaallah berjalan dengan lancar di pagi hari tadi,” ujar Fahrurrazi.

Tim kesehatan haji pun ikut mendampingi jemaah melaksanakan tawaf wada, terutama jemaah lansia. Laporan dari Tim Kesehatan Haji Kloter 8 Padang Herma Nengsih, jemaah dalam kondisi sehat.

BACA JUGA:Razia Ternak Liar, Petugas Satpol PP Nyaris Kena ‘Kapak’

“Untuk pelaksanaan tawaf wada, Alhamdulillah dalam perjalanan pelaksanaan tawaf wada lansia kesehatannya stabil,” kata Herma Nengsih.

Usai tawaf wada, jemaah haji akan bergerak ke Madinah mulai Jumat. Dari kloter 8, pergerakan ke Madinah dilakukan Sabtu nanti, mulai pukul 8 pagi Waktu Arab Saudi. 

Sementara itu, untuk pemantauan kesehatan jemaah haji Bengkulu, disampaikan Pengelola Program Kesehatan Haji Dinkes Provinsi Bengkulu Kurniawan Arianto, saat ini masih ada 4 jemaah yang dirawat. 

BACA JUGA:Sedang Tenggeng Mabuk Tuak, Pencuri Ini Diringkus Polisi

“Sampai dengan tadi malam itu jemaah haji yang dirawat masih ada 4 orang, jadi disetiap kloter itu ada satu-satu. Jadi ada 4 lagi yang dirawat dan juga ada yang masih dirawat di ICU jemaah haji di kloter 10. Sudah dirawat di ICU itu sejak tanggal 22 Juni,” kata Kurniawan Arianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: