Iklan dempo dalam berita

Pahami Baik-baik, Ini Beda Paylater dan Pinjol yang Banyak Jerat Mahasiswa dan Lakukan Hal Tak Terduga

Pahami Baik-baik, Ini Beda Paylater dan Pinjol yang Banyak Jerat Mahasiswa dan Lakukan Hal Tak Terduga

Pahami perbedaan paylate dan pinjol--

BACA JUGA:Dikasih Saldo DANA Rp2 Juta, Ternyata Caranya Segampang Ini

Sebagaimana riset Kredivo dan Katadata Insight Center, konsumen paylater untuk belanja online terus meningkat dari tahun ke tahun. Persentasenya menyentuh 6,6 persen pada 2021, menjadi 10,2 persen pada 2022, dan berada di 16,2 persen sepanjang 2023. 

Berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan pada Maret 2023 dan dirilis pada 14 Juni 2023, persentase pengguna melonjak signifikan. Awalnya sebesar 28,2 persen pada 2022 dan berubah menjadi 45,9 persen pada 2023. Jumlah responden yang berpartisipasi sebanyak 9.239 orang dari seluruh wilayah Indonesia. 

Menurut Aidil, menggunakan paylater sebenarnya sah-sah saja. Namun, dia menganjurkan agar utang hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan produktif, bukan konsumtif. Persentasenya pun tidak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan. 

Mengambil utang, baik paylater maupun pinjol, kata dia boleh apabila untuk keperluan mendesak. Misalnya, handphone harus diganti karena memori sudah penuh atau tidak menerima pembaruan (update) perangkat lunak (software) lagi. 

“Kalau sudah mengganggu pekerjaan, boleh ambil cicilan (HP). Tapi kalau punya tabungan cukup, lebih baik beli cash (tunai). Yang salah adalah beli karena ada keluaran seri terbaru,” ucapnya. 

 

Paylater Sebenarnya Memudahkan Masyarakat

 

Terpisah, juru bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sekar Putih Djarot mengatakan paylater adalah sebuah istilah yang merujuk pada transaksi pembiayaan barang atau jasa.

"Di Indonesia, paylater dapat difasilitasi melalui beberapa lembaga jasa keuangan, seperti bank dan pinjol," ungkap Sekar.

Sederhananya, paylater adalah layanan untuk memudahkan masyarakat membeli suatu produk atau jasa dengan menunda pembayaran atau berutang. Masyarakat wajib melunasi utang itu sesuai dengan masa tenor yang ditetapkan.

"Layanan paylater kini banyak ditawarkan oleh marketplace yang bekerja sama dengan lembaga jasa keuangan untuk memudahkan belanja," terang Sekar.

Nantinya, ada bunga atau biaya yang diberikan kepada pengguna paylater. Bunga atau biaya akan bergantung bunga yang diterapkan oleh lembaga jasa keuangan yang bekerja sama dengan paylater atau e-commerce tersebut.

BACA JUGA:Cicilan Ringan Tenor Panjang, Pinjol Resmi OJK Bisa Dicicil 24 Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: