Iklan RBTV Dalam Berita

Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

11 Cara mengurangi kebiasaan memegang handphone--

6. Lakukan Aktivitas yang Sehat

Bufka mengatakan mengubah perilaku sering dengan menggantikan kegiatan yang berbeda. Jika ada pikiran untuk scrolling smartphone, pikirkan tiga hal yang bisa dilakukan selain aktivitas itu. Bisa saja dengan membaca buku, berolahraga atau membersihkan sesuatu.

BACA JUGA:Resmi Naik Lagi, Berikut Daftar Harga Terbaru BBM Non Subsidi Per 1 Oktober 2023 di Seluruh SPBU Indonesia

7. Tetapkan Zona Larangan HP

Buat batasan untuk tidak menggunakan ponsel sama sekali. Ini menjadi cara membatasi screen time pada smartphone. Salah satunya dengan tidak mengizinkan ponsel di ruang keluarga atau ruang baca dalam waktu tertentu.

8. Kembali ke Jam Weker

Smartphone juga digunakan untuk jam alarm, namun dengan ada di dekat diri saat tidur membuat kita makin menggunakannya seperti masuk ke media sosial. Untuk mengatasinya mungkin ada baiknya kembali ke perangkat yang lebih tradisional yakni jam weker dan tinggalkan ponsel di ruangan yang berbeda.

“Apapun yang membuat lebih banyak energi atau upaya mendapatkan perangkat akan memberikan kamu lebih banyak kesempatan untuk berhenti sejenak dari penggunaannya," ungkap Bufka.

BACA JUGA:Jangan Ngotot, Pahami 4 Jenis Kecelakaan Ini Tidak akan Ditanggung BPJS Kesehatan

9. Matikan Notifikasi

Dengan menonaktfikan notifikasi membuat batasan melihat ponsel dan mengurangi waktu melihat layar yang tidak diinginkan.

10. Hapus yang Tidak Digunakan

Menghilangkan akses telepon ke aplikasi yang bisa digunakan di laptop atau monitor desktop jadi cara tebaik untuk mengurangi penggunaanya perangkat, kata Das.

11. Tidak Gunakan Ponsel Saat Bersama Teman

Jika makan bersama teman bisa membuat kamu jarang melihat ponsel. Mungkin kamu bisa mulai dengan aturan tidak menggunakan ponsel saat sedang nongkrong bareng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: