Iklan RBTV Dalam Berita

Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

Semenit Gak Lihat HP Pusing 7 Keliling, Coba Lakukan 11 Cara Menyenangkan Ini Biar Bebas Candu Ponsel

11 Cara mengurangi kebiasaan memegang handphone--

Dia mengatakan penting merenungkan apa yang penting bagi seseorang dan meletakkan konsekuensi akan kesehatan atau kesehatan mental lebih penting dibandingkan dengan kenikmatan jangka pendek dari menonton video atau media sosial lewat ponsel.

BACA JUGA:Jangan Ngotot, Pahami 4 Jenis Kecelakaan Ini Tidak akan Ditanggung BPJS Kesehatan

2. Catat Berapa Lama Menggunakan HP

Penting untuk mengetahui berapa lama kamu menghabiskan waktu dengan smartphone. Catatlah waktu itu secara manual atau menggunakan data screen time.

Menurut Lynn Bufkadari lembaga APA, pahami apa yang membuat Anda tertarik. Misalnya mengirimkan pesan teks, media sosial atau berselancar internet. “Anda ingin tahu apa perilakunya, di mana Anda mencoba mengatasinya," kata dia.

3. Tetapkan Batas Waktu

Saat sudah tahu di mana letak kelemahan, Bufka menyarankan untuk menyetel pengatur waktu di smartphone. Dengan begitu dapat memberitahui saat telah mencapai jumlah waktu penggunaan yang diperbolehkan.

BACA JUGA:Demi Cinta Arthur Datang ke Indonesia dan Menjadi Mualaf, Namun Sayang Semuanya Hancur Dalam Sekejap

4. Pelajari Pemicunya

Kamu perlu tahu alasan kenapa menggunakan smartphone telalu banyak. "Dengan perilaku yang kita coba ubah, ada sesuatu yang mendorong untuk melakukan perilaku dan aspek lain membuat perilaku menjadi bermanfaat," ungkap Bufka. Dengan mengetahui asalah penggunaan ponsel, maka akan membantu kamu untuk mengurangi screen time.

5. Singkirkan Rasa Takut Ketinggalan

Ada tren bernama Fear of Missing Out atau FOMO (alias ikut-ikutan tren), yang akhirnya membuat seseorang takut tertinggal atas sesuatu. Ini saatnya untuk berubah, apakah ada konsekuensi bila tidak segera mengetahui apa yang dilakukan?

BACA JUGA:Bukti Cinta Bule Arthur Menjadi Mualaf Belum Cukup Membuat Keluarganya Selamat, Tinggal Siti dalam Kesedihan

Apakah kamu khawatir bila tidak mengetahui apa yang dilakukan seseorang? Apakah khawatir bila tidak mengingat ulang tahun seseorang apabila tidak ada di Facebook?

Lawan perasaan itu dengan mengingatkan diri ada cara lain untuk tetap terhubung dengan orang yang disayangi. Bisa juga dengan meningkatkan kualitas waktu online dengan hanya mengikuti orang yang dikenal secara pribadi atau menuliskan ulang tahun orang terdekat di kalender digital atau cetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: